pulsa-logo

Pasca Cerai dari Apple, Qualcomm Siap Garap Mobil Otonom


Galing

Jum'at, 08 Desember 2017 • 11:23

Qualcomm, Apple, BlackBerry, Mobil Otonom, Self-driving car, Mobil Swakemudi


Foto: The Next WebFoto: The Next Web

Apple secara bertahap telah berupaya mengurangi ketergantungannya pada Qualcomm sebagai pemasok tunggal chip modem iPhone besutannya. Hal ini disebabkan oleh karena hubungan “tegang” dan kurang harmonis antara keduanya beberapa tahun belakangan ini. Adanya sengketa paten yang berujung pada gugatan hukum dan potensi kerugian bisnis yang menyertainya tentu memaksa pabrikan chip asal Amerika Serikat tersebut untuk terus memutar otak agar bisa menemukan rekan bisnis baru yang dapat menggantikan peran Apple sebagai klien terbesarnya.

Berdasarkan kabar terbaru yang dirilis oleh Reuters hari ini (8/12), tampaknya Qualcomm telah menemukan rekanan bisnis baru yang digadang-gadang akan menjadi pengganti dari sang produsen produk fenomenal seperti iPhone dan iPad tersebut. Perusahaan dimaksud tidak lain adalah BlackBerry. Meski sudah tidak lagi membuat handset secara langsung, namun aktivitas perusahaan tersebut dalam menelurkan berbagai produk masih belum berhenti.

Pagi ini (8/12), Qualcomm dan BlackBerry mengumumkan bahwa mereka siap bekerja sama untuk mengembangkan mobil otonom yang senantiasa terhubung ke jaringan. Divisi perangkat lunak QNX BlackBerry selama ini telah jadi perusahaan yang rajin menawarkan solusi infotainment bagi para produsen mobil. Saat ini mereka juga tengah menggarap pembuatan perangkat lunak untuk mobil otonom. QNX Hypervisor 2.0 diketahui saat ini tengah menangani sistem kompleks yang akan dibenamkan pada sebuah mobil otonom. Lewat kerja sama dengan Qualcomm, perusahaan tersebut kabarnya akan memakai chipset Snapdragon 820 sebagai tenaga penggerak bagi mobil otonom yang tengah mereka kembangkan saat ini.

BlackBerry mengatakan bahwa mereka akan memanfaatkan chip Qualcomm agar bisa dipakai pada sistem infotainment, pengendali kokpit virtual hingga gerbang kontrol elektronik mobil otonom. Tahun lalu, Qualcomm memberikan penawaran akuisisi atas perusahaan pemasok semikonduktor mobil  otonom NXP dengan nilai yang cukup besar pada angka USD$ 38 miliar. Jika penawaran yang diajukan ini disetujui, maka Qualcomm tentu akan jadi pemasok chip terkemuka untuk industri otomotif. Langkah ini sekaligus akan melapangkan jalan bagi Qualcomm untuk memperluas sayap bisnisnya diluar produksi chipset smartphone yang selama ini telah membesarkan namanya. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2, 3

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44