pulsa-logo

Garap Fitur Mirip Samsung DeX di Mate 10, Huawei Gandeng Perusahaan ini


Galing

Senin, 11 Desember 2017 • 10:00

Huawei, Huawei Mate 10, Samsung DeX


Foto: GizChinaFoto: GizChina

Ketika Huawei mengumumkan Mate 10, perusahaan Tiongkok ini tidak cuma mengenalkan fitur AI dari prosesor Kirin 970 saja, namun ia juga memberikan fokus khusus pada fitur baru yang mirip dengan Samsung DeX yang disebut Easy Projection.

Pada dasarnya Easy Projection bekerja dengan menghadirkan pengalaman desktop kepada pengguna smartphone tanpa memerlukan aksesori docking atau port yang rumit dan  mahal. Perangkat ini hanya mengandalkan USB 3.1 Type-C untuk mengaktifkan fitur di desktop.

Rupanya ada beberapa info tambahan di balik fitur yang tidak diumumkan Huawei. Seperti dilansir dari XDA Developer, seorang pengembang berhasil membongkar APK dari desktop ini dan menemukan adanya keterkaitan fitur ini dengan Project  Phoenix OS. Hasil penyelidikan juga mengungkap adanya tautan halaman web yang memuat sejumlah informasi berharga tentang keberadaan fitur ini.

OS Phoenix adalah sebuah proyek yang dikembangkan oleh Chaozhuo Technology Beijing, yang pada dasarnya adalah sistem operasi berbasis Android  yang dijalankan untuk komputer dengan platform x86 dan beberapa perangkat ARM, namun khusus untuk perangkat ARM ia memiliki sejumlah fitur yang agak terbatas bila dibandingkan platform desktop x86 yang lengkap.

Ketika Huawei mengumumkan Easy Projection, mereka tidak menyebutkan adanya keterlibatan dengan Project Phonix, karena Huawei  tidak ingin mengiklankan produk lain pada peluncuran smartphone mereka. Baru dari pembongkaran APK tersebut diketahuilah bahwa fitur desktop ini memang hadir berkat kerja sama antara kedua perusahaan.

Informasi tersebut menyebutkan bahwa Project Phoenix Dev telah bekerja sama dengan Huawei  dalam menggarap custom ROM yang dipakai untuk menghadirkan fitur mode PC. Sementara itu, ponsel yang akan mengadopsinya telah mulai dipasarkan ke seluruh dunia pada bulan September 2017.  

Masih belum jelas bagaimana teknologi Project Phoenix Devs  bekerja dengan Huawei untuk memproyeksikan Easy Projection. Namun ini sepertinya bukan jenis fitur yang bisa di porting ke perangkat lain di bawah portofolio Huawei dan Honor yang menjalankan Android 8.0 Oreo dalam bentuk EMUI 8.0. Diprediksi  bahwa fitur Easy Projection akan dihadirkan  juga ke Huawei P11. (Nariswari/Galing)


Sumber: GizChina