pulsa-logo

Apple Dilaporkan akan Membeli Shazam Senilai 541 Miliar


Arief Burhanuddin

Senin, 11 Desember 2017 • 14:52


 

Apple diberitakan hampir membeli aplikasi pengenal musik Shazam seharga sekitar $ 400 juta atau sekitar 541 miliar rupiah, demikian dilaporkan oleh TechCrunch.

 

Shazam, perusahaan Inggris yang didirikan pada tahun 1999, memiliki aplikasi yang memungkinkan pengguna smartphone atau komputer untuk mengidentifikasi dan membeli musik melalui cuplikan suara.

 

Shazam, yang mengklaim memiliki lebih dari 100 juta pengguna bulanan, meraup sebgaian besar pendapatan melalui komisi yang dibayarkan pada referal mereka ke iTunes Store milik Apple.

 


Baik Apple maupun Shazam tidak berkomentar mengenai laporan dari TechCrunch.

 

Jika kesepakatan tersebut benar adanya, maka Shazam akan menjadi perusahaan teknologi Inggris terbaru yang akan dibeli oleh perusahaan yang lebih besar.

 

Sebuah situs bsinis musik yang berpengaruh memperkirakan bahwa harga Shazam tersebut jauh lebih rendah daripada valuasi sebesar $ 1 miliar selama putaran pendanaan terakhirnya pada tahun 2015.

 

Dengan mengakuisisi Shazam, Apple pada dasarnya akan memotong aplikasi referal dan menghemat uang untuk komisi.

 

Kesepakatan ini juga akan merugikan kompetitor karena Shazam tidak lagi merujuk orang untuk membeli musik di Spotify dan Google Play Music.

 

Kesepakatan itu juga akan membantu layanan Apple Music di Spotify, dengan mempermudah pengguna menemukan lagu dan menambahkannya ke daftar putar.

 

Saat ini, Spotify memiliki 60 juta pengguna di seluruh dunia, sementara Apple Music hanya memiliki 27 juta.

 

Sumber: BBC

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42