pulsa-logo

Smartphone Pertama dengan Sensor Fingerprint di Layar Hadir 2018


Fauzi

Kamis, 14 Desember 2017 • 08:36

Fingerprint Under Display


Ilustrasi: Fingerprint Under Display, Foto: PULSA/Ahmad SanusiIlustrasi: Fingerprint Under Display, Foto: PULSA/Ahmad Sanusi

Synaptics, perusahaan pengembang teknologi sensor sidik jari (fingerprint) optik di smartphone, berbagi informasi perihal teknologi pemindai sidik jari di bawah layar yang akan ditanamkan di smartphone pertama. Kabarnya smartphone tersebut akan dipamerkan di ajang pameran teknologi  CES 2018.

Kembali pada akhir 2016, Synaptics pernah memperkenalkan teknologi pemindai sidik jari yang ditempatkan di bawah layar OLED. Sensor yang dinamakan  Clear ID FS9500 hanya bekerja dengan display OLED. Saat diaktifkan, teknologi sensor  ini menggunakan panel untuk menerangi sidik jari dan kemudian memproses sinar cahaya yang memindai sidik jari.

Synaptics mengklaim sensor ini bisa bekerja di bawah komponen layar dengan ketebalan sekitar  1,5 mm, termasuk tetap bekerja  di bawah pelindung layar, kaca pelindung layar OLED (cover glass). 

Terkait dengan faktor keamanan, Synaptics mengatakan bahwa Clear ID FS9500 menjanjikan perlindungan keamanan yang sama seperti pemindai sidik jari FS9100 saat ini telah banyak digunakan di smartphone kekinian (salah satunya yang terlihat dalam smartphone  duo Samsung Galaxy S8). Synaptics juga mengatakan bahwa Clear ID FS9500 akan dibangun dengan teknologi tinggi yang memungkinkannya  untuk  lebih tahan lama terhadap kotoran dan kelembaban karena akan di-seal antara bodi smartphone dan OLED.

Banyak pihak yang memprediksi bahwa  Samsung melalui Galaxy S9, akan mengadopsi teknologi  pemindaian sidik jari di bawah layar tersebut. Namun nyatanya Samsung telah mengumumkan bahwa  mereka  tidak akan meluncurkan Galaxy S9 di acara CES 2018 tersebut. Sehingga jelas, vendor non-Samsung lah yang akan pertama kali mengadopsi teknologi pemindaian sidik jari di bawah layar tersebut.

Ada rumor lain bahwa Vivo-lah yang akan mengadopsi teknologi tersebut. Dikarenakan  beberapa waktu yang lalu pihak Vivo dan Qualcomm sudah “mengintip” prototype dari teknologi pemindaian sidik jari bawah layar yang dikembangkan oleh Synaptics tersebut.

Sumber: GSMarena


 

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44