pulsa-logo

Gaet Denso, BlackBerry Kembangkan Platform Mobil Terintegrasi


Fauzi

Kamis, 14 Desember 2017 • 16:13

BlackBerry


Logo BlackBerry, Foto: PULSALogo BlackBerry, Foto: PULSA

DENSO Corporation dan BlackBerry Limited mengumumkan kolaborasi yang terjalin di antara keduanya. Disebutkan bahwa kedua perusahaan telah mengembangkan platform HMI (Human Machine Interface) terintegrasi pertama di dunia. Intel Corp juga ikut berkolaborasi dalam pengembangan produk ini.

Platform HMI yang terintegrasi akan memungkinkan sebuah sistem yang bekerja sama secara optimal dan mengkoordinasikan berbagai produk HMI seperti tampilan dan suara di dalam kokpit mobil dengan harga rendah. Solusi bersama ini akan muncul dalam beberapa tipe mobil secara berurutan, yang dijadwalkan diluncurkan setelah 2019.

Dengan peningkatan keamanan dan kenyamanan mobil dalam beberapa tahun terakhir, jumlah data yang dikirimkan kendaraan ke pengemudi semakin meningkat. Saat ini, kendaraan dilengkapi dengan beberapa sistem HMI, yang membutuhkan beberapa sistem operasi khusus untuk bekerja secara bersamaan. Karena sistem operasi dikendalikan secara independen oleh beberapa mikrokontroler, selama ini tidak memungkinkan untuk bekerja sama dan mengkoordinasikannya untuk menampilkan konten dan suara secara bersamaan dan seragam.

Platform HMI otomotif terintegrasi diyakini sebagai yang pertama dari jenisnya dan dikembangkan oleh DENSO dan BlackBerry dengan menggunakan QNX Hypervisor milik BlackBerry untuk virtualisasi dan seri prosesor Intel Atom® A3900. Teknologi hypervisor memungkinkan independensi beberapa sistem operasi dengan karakteristik yang berbeda dan mengendalikan integrasi dengan satu komputer mikro.

Rancangan ini memungkinkan berbagai produk HMI untuk bekerja sama sehingga memungkinkan informasi yang diperlukan ditampilkan pada perangkat yang tepat di waktu yang sesuai. Misalnya, akan memungkinkan untuk mengkomunikasikan pemberitahuan awal atau peringatan melalui ekspresi yang mudah dimengerti di layar di waktu yang tepat. Selain itu, melalui kerjasama antara instrument cluster dan navigation center display, kini memungkinkan untuk menampilkan animasi dengan persepi kesatuan antar layar navigasi di layar meter. Selanjutnya, dengan memperbarui kinerja satu mikrokomputer kedua perangkat langsung mendapat pembaharuan, yang berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas Litbang dan pengurangan biaya.

Yukihiro Kato, direktur eksekutif senior, Grup Bisnis Sistem Informasi & Keamanan DENSO mengatakan pihaknya telah mengembangkan berbagai produk HMI, seperti instrument cluster, sistem navigasi mobil dan display head-up yang berkontribusi terhadap keamanan dan kenyamanan mobil.

"Dengan memanfaatkan teknologi dan pengetahuan yang diperoleh melalui pengembangan produk ini, kami telah mengembangkan teknologi manajemen informasi HMI yang akan mendukung evolusi mobil bersama dengan BlackBerry QNX dan Intel," tandasnya.


Sejurus dengan itu BlackBerry diwakiliki oleh John Wall, SVP dan GM dari BlackBerry QNX, mengatakansementara cluster, head unit, infotainment, dan layar hiburan merupakan bagian dari pengalaman pengguna digital baru di dalam mobil, namun mereka tidak dapat dikembangkan secara terpisah dan perlu bekerja secara bersamaan.

"Bersama DENSO dan Intel, kami akan menyediakan kokpit virtual yang sangat fungsional termasuk cluster instrumen digital bersertifikasi keselamatan yang akan menjadi standar emas baru di industri otomotif. Kami sangat menantikan kerja sama dengan DENSO dan Intel di lebih banyak proyek lainnya di masa depan," tandas John Wall.

Sebagai bagian dari HMI yang terintegrasi, Intel telah menyediakan teknologi berbagi grafis yang unik dan revolusioner, yang telah dioptimalkan untuk seri prosesor Intel Atom A3900. Teknologi ini dapat memprioritaskan dan mengoperasikan beban kerja 3D yang penting untuk keamanan dibandingkan beban kerja yang kurang penting pada prosesor yang sama.

Sumber: PR