pulsa-logo

Susul Apple, Samsung Segera Luncurkan Smart Speaker


Galing

Jum'at, 15 Desember 2017 • 13:51

Smart Speaker, Smart Speaker Apple, Smart Speaker Samsung, Smart Speaker Amazon, Samsung


Foto: GizChinaFoto: GizChina

Amazon memulai debut pertama mereka dengan smart speaker Echo pada tahun 2015 yang kemudian berlanjut dengan dominasi mereka di pasar smart speaker.  Kesuksesan  Amazon kemudian melecutkan semangat  banyak perusahaan lain yang kemudian  memutuskan untuk menggarap  bisnis  smart speaker. Salah satunya adalah Samsung.

Tidak heran sebetulnya jika Amazon Echo jadi salah satu merek speaker pintar di ranah global. Salah satu alasannya karena Amazon menyisipkan pula asisten virtual pada pengeras pintar besutannya. Asistem virtual Alexa disiapkan oleh perusahaan ini sebagai teman bagi smart speaker Echo, sementara Google memulai debut mereka di Google Home dengan Google Assistant sebagai asisten virtualnya.

Adapun Microsoft Invoke menghadirkan asisten virtual bernama Cortana. Sedangkan rumor yang beredar mengatakan bahwa Apple sekarang tengah menggarap pula speaker pintar bernama Apple HomePod yang akan didukung oleh Siri. Seolah tidak mau kalah, Samsung pun tampaknya tengah mengerjakan speaker pintar serupa dengan dukungan asisten virtual Bixby.

Rumor pertama mengenai perangkat ini muncul pertama kali di awal tahun ini, namun Samsung membantahnya. Akan dinamakan Samsung Home, perangkat ini  akan membawa pengoptimalan yang secara langsung fokus pada kualitas audio dan mengendalikan beberapa peralatan yang berhubungan dengan Internet of Things (IoT), seperti kontrol smart lock. Gadget  ini akan bekerja  dan disinkronkan dengan smartphone Galaxy terbaru, smart  TV Samsung  dan perangkat lainnya.

Samsung berencana untuk memulai debut perangkat tersebut pada semester pertama 2018 pada kisaran harga USD$ 200 (Rp. 2,7 jutaan). (Nariswari/Galing)

Sumber: GizChina