pulsa-logo

2018, Pangsa Pasar Global Samsung Diperkirakan Turun


dian iskandar

Jum'at, 15 Desember 2017 • 14:12

2018, Pangsa Pasar Global Samsung Diperkirakan Turun,Galaxy,Galaxy Note 8,Galaxy S8,Galaxy j


ilustrasiilustrasi

Meski mendapat momentum yang kuat lewat beberapa produk unggulan, menurut Strategy Analytics Samsung diperkirakan akan kehilangan beberapa pangsa pasar pada 2018. Berbekal model keluaran 2017 seperti Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy S8 + dan Samsung Galaxy Note 8, pabrikan asal Korea Selatan tersebut akan meraup pangsa pasar smartphone sebesar 20,5% di tahun ini. Namun, melihat kiprah produsen China yang sedang naik daun, pangsa pasar global Samsung diperkirakan turun menjadi 19,2% tahun depan.

Di pasar flagship, Samsung juga tengah mendapat tantangan berat dari Apple, dimana tahun ini populartitas iPhone X tak terbendung. Sedangkan pada segmen ponsel low-end, rombongan dari pabrikan China yang meramu handset dengan harga terjangkau, cukup laku.

Jika Strategy Analytics benar, tahun depan menjadi penurunan smartphone pertamayang dialami  olehSamsung, dilur 2016ketika Samsung gagal memasarkan Galaxy Note 7."Sementara smartphone bertenaga iOS tidak memiliki pesaing, Samsung akan menghadapi tantangan yang lebih ketat di segmen Android." kata Park Nam-gyoo, profesor bisnis, Universitas Nasional Seoul seperti dikutip dari Korea Herald.

Samsung diperkirakan akan mengapalkan 315 juta smartphone pada 2018, yang berarti tetap menjadi yang terdepan dengan pangsa pasar 19,2%. Apple diperkirakan akan kedua, dengan 234 juta unit iPhone atau 14,3% pangsa pasar, naik dari perkiraan 14% pada 2017. Sementara Huawei akan berada di posisi ketiga, meski menurut Counterpoint Research telah melewati posisi Apple dan meraih posisi kedua dalam penjualan smartphone pada musim panas yang lalu.

Pangsa pasar global Huawei akan menjadi 10% dan Oppo akan berada di bawahnya dengan 7,8% pasar smartphone di seluruh dunia.Angka -angka ini didasarkan pada perkiraan dari Strategy Analytics untuk tahun depan. (*)

Sumber: KoreanHerald via Phonearena