pulsa-logo

MediaTek Sensio Resmi Diumumkan, Bisa Ukur 6 Parameter Kesehatan di Smartphone


Galing

Jum'at, 15 Desember 2017 • 14:27

MediaTek Sensio, MediaTek


Foto: AndroidPoliceFoto: AndroidPolice

MediaTek baru saja mengumumkan modul sensor kesehatan anyar yang memungkinkan perangkat untuk memantau enam parameter kesehatan pengguna. Keenam parameter dimaksud meliputi detak jantung, variabilitas detak jantung, tekanan darah, saturasi oksigen darah, elektrokardiografi dan pemantau laju detak jantung (photoplethysmography). Modul bernama Sensio tersebut kedepannya diharapkan akan dapat mulai diadopsi oleh produsen smartphone secara bertahap.

Modul Sensio bekerja dengan memanfaatkan integrasi antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang kemudian dapat dipakai untuk mengukur seluruh data kesehatan yang diperlukan dalam jangka waktu 60 detik saja. Modul tersebut nantinya akan berisikan komponen seperti sepasang LED infrared dan red, antarmuka digital I2C /SPI serta sejumlah komponen eksternal yang akan saling bekerja sama untuk menyediakan data pembacaan yang akurat kepada pengguna. Contohnya, pengguna harus meletakkan kedua tangannya pada kedua sensor secara bersamaan bila ingin mengukur angka elektrokardiograf dan photoplethysmography.

Salah satu keunggulan modul MediaTek Sensio MT6381 adalah kemudahan kustomisasinya yang akan memberikan keleluasan kepada produsen smartphone untuk menanamkan modul ke berbagai varian ponsel yang ada sekaligus memberikan dukungan pemanfaatan add-on pihak ketiga. Modul kesehatan dari perusahaan chipset asal Taiwan ini kabarnya akan mulai tersedia pada awal tahun 2018 mendatang. (Galing)

Sumber: AndroidPolice