pulsa-logo

Tutup Project Tango, Google Fokus ke ARCore


Galing

Senin, 18 Desember 2017 • 19:18

Google Project Tango, Google, ARCore


Foto: The Verge YouTube ChannelFoto: The Verge YouTube Channel

Google  hari ini (18/12) telah mengumumkan bahwa Project Tango akan berakhir pada bulan Maret 2018, tepatnya pada 1 Maret 2018. Penutupan Project Tango ini  secara otomatis akan mengakhiri dukungan pembaruan serta fitur anyar yang akan dibenamkan.

Project Tango adalah proyek Google yang bertujuan untuk membawa pengalaman augmented reality (AR) untuk smartphone dan tablet. Menggunakan pelacakan gerak 3D dan depth perception untuk memungkinkan perangkat untuk tahu di mana kerelatifannya terhadap lingkungan fisik pengguna. Termasuk mendeteksi pergerakannya sendiri melintasi ruang tiga dimensi layaknya manusia.

Sesudah mematikan Project Tango, raksasa mesin pencarian dunia ini kemudian akan beralih menggarap ARCore yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi serupa. ARCore akan tetap melanjutkan ambisi Google dalam membuat berbagai macam terobosan di bidang teknologi Augmented Reality(AR) ke arah yang jauh lebih mutakhir.

Google tidak menyebutkan alasan apa pun secara khusus mengapa mereka mengakhiri dukungan untuk Project Tango. Namun kemungkinan paling besar adalah karena ARCore adalah platform baru dan memerlukan banyak  penyempurnaan. Untuk itu, Google merasa perlu untuk fokus ke ARCore, dan menutup Google Tango.

Bagi pengembang yang telah bekerja sama dengan Google melalui Project Tango selama beberapa tahun terakhir, mereka akan mendapatkan penawaran untuk terlibat dalam penggarapan ARCore.  (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2