pulsa-logo

Samsung Hapus Dukungan DeX untuk Galaxy S8 dan S8+, Ada Masalah Apa?


Galing

Selasa, 19 Desember 2017 • 10:56

Samsung Dex Dock, Samsung, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy S8+


Foto: TabloidPulsaFoto: TabloidPulsa

Update sistem operasi selalu dinantikan dan diharapkan oleh semua pengguna smartphone di manapun mereka berada. Selain menjanjikan peningkatan ekosistem , ia juga menawarkan beragam fitur-fitur baru dan perbaikan bug.

Salah satu update yang juga dinantikan tentu saja berasal dari smartphone papan atas Galaxy S8 dan S8+. Dalam update beta OS Android Oreo yang beberapa hari lalu digulirkan, pengguna mendapati bahwa salah satu fitur desktop penting yang dibenamkannya kini telah dibatasi pemanfaatannya. Sesudah mendapatkan pembaruan, perangkat justru memblokir akses port DeX buatan pihak ketiga.

Bagi Anda yang masih awam dengan Samsung DeX, sebenarnya ini adalah fitur desktop yang memungkinkan Galaxy S8 / S8 + untuk dihubungkan ke aksesori DeX guna mendapatkan pengalaman layaknya sebuah komputer pribadi lengkap dengan sambungan ke layar monitor.

Aksesori Samsung DeX dijual terpisah dengan banderol harga USD $ 150 (Rp. 1,9 jutaan). Namun demikian salah seorang pengembang di situs XDA Developer berhasil mengubah MacBook miliknya menjadi sebuah aksesori yang berfungsi layaknya DeX.

Lewat pemanfaatan daya pemrosesan ponsel, layar Mac, trackpad, dan keyboard, pengguna bisa mendapatkan pengalaman desktop serupa tanpa harus merogoh kocek untuk membeli aksesori secara terpisah.

Sayangnya pasca update OS Android Oreo Beta tahap keempat bergulir,  pengguna tidak bisa lagi memproyeksikan tampilan ponsel mereka dalam mode desktop secara penuh seperti sebelumnya. Artinya, perubahan ini mencegah pengguna untuk membuat aksesori Dex Dock sendiri dari perangkat lainnya.

Saingan Samsung, yakni Huawei baru-baru ini meluncurkan Mate 10, dan salah satu fitur terbarunya adalah memasukkan kemampuan untuk menggunakan smartphone mereka  agar dapat menyuguhkan  pengalaman desktop. Meskipun hal ini sangat mirip dengan apa yang Samsung lakukan dengan Samsung DeX, perangkat Huawei ini hanya membutuhkan koneksi kabel USB Type 3.1.


Keputusan Samsung ini memang begitu mengecewakan sebab secara langsung akan membuat fitur desktop hanya dapat diaktifkan menggunakan aksesori DeX Dock yang dijual cukup mahal. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2