pulsa-logo

Kurangi Paparan Radiasi Ponsel, AS Rilis Panduan ini


Galing

Selasa, 19 Desember 2017 • 11:27

Samsung, Apple, Radiasi Ponsel, Radiasi Smartphone, Efek Radiasi Ponsel, Bahaya Radiasi Ponsel


Foto: ReutersFoto: Reuters

Pejabat kesehatan melalui Departemen Kesehatan di Amerika Serikat  pada minggu lalu (11/12) telah merilis sebuah panduan penting  bagi masyarakat di Amerika Serikat tentang bahaya paparan radiasi ponsel serta memperingatkan orang-orang agar tidak meletakkan ponsel terlalu dekat ke badan mereka. 

Departemen Kesehatan Masyarakat California merilis saran keselamatan baru untuk pengguna ponsel, yang mencakup standar keselamatan dan panduan penting bagi pengguna ponsel.

Melalui panduan tersebut pengguna ponsel diminta untuk menjaga jarak ponsel setidaknya sejauh satu hasta dari tubuh mereka saat mereka sedang berisitirahat. Ia juga menyarankan supaya smartphone disimpan di dalam dompet atau tas ketimbang di dalam saku celana yang meningkatkan risiko bersinggungan langsung dengan tubuh manusia.

Badan Riset Internasional WHO untuk Riset Kanker pada tahun 2011 mengelompokkan radiasi frekuensi radio seperti yang dipancarkan oleh ponsel dalam kategori  "berpotensi  memicu kanker bagi manusia." Selain bisa menyebabkan resiko tumbuhnya  tumor, orang yang terpapar radiasi tingkat tinggi dari ponsel  juga  beresiko memiliki kualitas sperma yang sangat buruk,  sakit kepala berkepanjangan, gangguan memori, gangguan pendengaran, kualitas tidur yang sangat buruk, dan sederet  dampak negatif  kesehatan lainnya.

India, yang memiliki 650 juta pengguna telepon seluler, juga telah meluncurkan sebuah studi independen untuk memperingatkan efek berbahaya dari radiasi medan elektromagnetik pada  kesehatan manusia dan lingkungan hidup.

Pemerintah India melalui sebuah komite antar kementrian yang dibentuk pada bulan September 2009 memeriksa sejumlah penelitian ilmiah yang saat ini sudah dilakukan mengenai dampak paparan radiasi elektromagnetik dari menara telepon seluler dan handset pada manusia dan lingkungan.

Komite yang melibatkan para pakar dari departemen telekomunikasi, Indian Council of Medical Research (ICMR), kementrian kesehatan dan lain-lain ini memberikan fokus perhatian khusus dalam analisis tentang bahaya radiasi yang dipancarkan oleh infrastruktur pada smartphone.


Base station dan antena pada jaringan telekomunikasi memancarkan radiasi yang kuat serta terus menerus dalam jarak yang relatif dekat. Intensitas radiasi yang ditimbulkan medan elektromagnetik ini berkurang drastis begitu Anda menjauh dari stasiun pemancar tersebut. ICMR telah mengadakan projek kajian berjangka waktu lima tahunan untuk membahas isu tersebut, meski hingga kini belum menghasilkan kesimpulan yang paripurna.

Bagi Anda yang penasaran dengan panduan untuk mengurangi dampak radiasi ponsel, simak langkah-langkah singkatnya seperti yang PULSA lansir dari HindustanTimes berikut:

-    Kurangi pemakaian ponsel di area dengan sinyal lemah

-    Kurangi penggunaan ponsel untuk mengunduh, mengunggah dan menikmati tayangan atau mendengarkan audio secara streaming

-    Jauhkan ponsel dari tubuh Anda saat sedang beristirahat di malam hari

-    Jangan gunakan headset jika tidak ada penggilan telepon (Nariswari/Galing)

Sumber: HindustanTimes