pulsa-logo

Gandeng Naver, LG Resmikan Speaker Pintar Friends Plus


Galing

Selasa, 19 Desember 2017 • 16:17


Foto: Korea TimesFoto: Korea Times

LG Uplus merilis speaker pintar  berbasis artificial intelligence (AI)  pada hari  Senin (18/12),yang dinamakan Friends Plus. Hadirnya smart speaker ini adalah tindakan nyata LG dalam upayanya  untuk memperluas kehadirannya di bisnis smart home dan perangkat IoT.

Dalam penggarapan smart speaker Friends Plus, salah satu operator jaringan seluler di negeri ginseng tersebut menggandeng salah satu perusahaan jejaring sosial  terkemuka di balik Line yakni Naver.  Friends Plus didukung oleh platform Clova AI  yang merupakan mesin pencari berbasis Artificial Intelligence (AI) yang  telah  ditambahkan dengan fitur pengendalian IPTV seperti video on demand (VOD) dan pencarian database dan layanan IoT untuk pengendalian perangkat smart home.

Misalnya, perangkat pengenalan suara  di Friends Plus dapat membantu pengguna menemukan film atau konten TV dengan beberapa kata kunci yang relevan. Saat menonton TV, pengguna bisa memberi tahu smart speaker untuk mencari di internet dan akan menampilkan hasilnya. 

Friends Plus juga mampu mengendalikan produk IoT smart home pada saat bersamaan serta mendukung pula penerjemahan real-time dalam tiga bahasa – yakni  B Misalnya, perangkat pengenalan suara dapat membantu pengguna menemukan film atau konten TV dengan beberapa kata kunci. Selain itu, saat menonton TV, pengguna bisa memberi tahu smart speaker  untuk mencari  informasi tertentu di internet dan akan menampilkan hasinya.

Smart speaker ini juga mampu mengendalikan produk rumah IoT pada saat bersamaan, dan mendukung terjemahan real-time dalam tiga bahasa - Bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang.

Dengan perintah suara, melalui Friends Plus pengguna juga bisa berbelanja di situs afiliasi LG Uplus, termasuk LG Household and Health Care dan GS Retail.

CEO LG Uplus, Kwon Young-soo mengatakan dalam sebuah konferensi pers di kantor pusatnya di Seoul pada hari Senin (18/12) mengatakan bahwa  kerjasama potensial  antara LG dengan Naver ini diharapkan dapat membangun LG Uplus sebagai pemain yang kompetitif di bisnis internet protocol TV (IPTV) dan Internet of Things (IoT), dan memungkinkan  Naver  untuk membuka jalan bagi banyak perusahaan untuk menggunakan platform AI-nya.


Perlu Anda ketahui, LG adalah pemain terdepan dalam bisnis smart home IoT dengan jumlah pelanggan melebihi 1 juta  orang yang terus menikmati angka pertumbuhan yang pesat.

Naver sebagai salah satu perusahaan raksasa  yang berada jauh di depan LG dalam hal pengembangan teknologi AI tentu mengharapkan supaya kerja sama ini dapat menjadi pembuka jalan penerapan platform buatannya ke lebih banyak orang. Speaker cerdas Friends Plus  akan tersedia di Korea Selatan dengan harga jual 129.000 won (Rp. 1,7 jutaan) . (Nariswari/Galing)

Sumber: KoreaTimes