pulsa-logo

Dunia Otomotif Mulai Melirik Aplikasi Mobile dan E-Wallet


Arief Burhanuddin

Rabu, 20 Desember 2017 • 06:22


 

Sejalan dengan perkembangan jaman yang semakin digital dan terhubung, ATPM dan dealer pemegang merek kendaraan pun harus berevolusi dalam melayani kebutuhan otomotif konsumen Indonesia dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Salah satunya adalah dengan memigrasi layanan yang selama ini bersifat offline menjadi online dan bisa diakses melalui smartphone.

 

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi diogital pun kian meningkat pesat. Menurut data Kominfo, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia tahun 2020 diproyeksikan menembus US$ 130 miliar atau 20% PDB (produk domestik bruto) Indonesia. Proyeksi ini menempatkan Indonesia sebagai pasar ekonomi digital terbesar di kawasan ASEAN.

 

Semua jenis layanan otomotif yang tadinya bersifat ‘offline’ seperti simulasi perhitungan kredit kendaraan, layanan perawatan kendaraan (service history dan estimasi service berikutnya), sampai dengan permintaan test drive, kini bisa dilakukan melalui aplikasi mobile.

 


Seperti yang dilakukan oleh Tunas Friend, dealer resmi independen untuk Toyota dan Daihatsu. Hari ini (19/12) mereka meluncurkan aplikasi ‘Tunas Friend’ sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan melalui pemanfaatan teknologi sebagai platform terpadu informasi. Selain memberikan kemudahan akses seputar informasi otomotif, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur e-wallet, dimana Tunas Group menjalin kerja sama dengan DOKU sebagai penyedia layanan pembayaran eletronik dan manajemen resiko berlisensi, untuk menghadirkan fitur e-wallet di dalam aplikasi Tunas Friend. 

 

“Selain dapat mengakses layanan konvensional Tunas Group secara online, kami juga memanfaatkan aplikasi Tunas Friend untuk menjangkau pelanggan lebih dekat melalui promo-promo dan program direct Marketing lainnya yang menarik. Kami berharap tidak hanya mudah digunakan, namun aplikasi ini juga dapat memperluas jangkauan penjualan serta meningkatkan interaksi antara Tunas Group dan pelanggan” ujar Rahmanda Rizki Pratama, Marketing Communication Section Head Tunas Group. 

 

“Melalui aplikasi Tunas Friend yang dilengkapi dengan fitur e-wallet kami ingin memberikan pengalaman baru bagi para pelanggan, dimana selain info otomotif mereka juga mendapatkan manfaat dan fungsi aplikasi yang lebih luas. Intinya kami ingin mengusung semangat one stop shopping with new automotive experience “, Rahmanda menambahkan.

Melengkapi konsep one stop shopping, para pelanggan dapat memanfaatkan fitur e-wallet yang berada di dalam aplikasi Tunas Friend ini untuk melakukan beragam jenis transaksi e-Commerce, mulai dari belanja online di ribuan merchant DOKU, membeli pulsa/paket data dan token listrik, melakukan transfer dari dan ke bank lokal manapun, hingga belanja offline serta tarik tunai di Alfamart. 

 

Irfan Burhan, VP Merchant Business DOKU berkomentar, “Kehadiran fitur e-wallet di dalam aplikasi Tunas Friend tak sekadar tentang memberikan kemudahan bagi pelanggan Tunas Group dalam melakukan beragam transaksi online yang mendukung gaya hidup modern, tapi juga menambahkan keberagaman fungsi yang bermanfaat bagi pelanggan Tunas Group.” 

 

Ditambahkan oleh Dannan Dwiyan, selaku Marketing & Busdev Tunas Group, “Melalui aplikasi Tunas Friend para pelanggan maupun calon pengguna baik Toyota maupun Daihatsu dapat mengakses informasi lengkap tentang mobil yang mereka inginkan, mulai dari mencari model mobil, mengetahui detail spesifikasi mobil sampai kebutuhan after sales, termasuk informasi tentang jaringan cabang Tunas Group yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Bandung dan didukung oleh Call Center kami ”.

 

Kolaborasi antara Tunas Group dan DOKU yang tertuang dalam wujud aplikasi Tunas Friend, merupakan contoh nyata bagaimana Fintech mendukung industri otomotif Nasional.

“ Pada fase awal, kami membenamkan fitur-fitur basic yang ada di DOKU e-Wallet pada fitur e-wallet di aplikasi Tunas Friend. Kami akan terus menambahkan fitur-fitur baru yang pastinya akan semakin menambah kenyamanan bertransaksi para pelanggan, seperti misalnya fitur pembayaran cicilan mobil dan pembayaran biaya perawatan mobil langsung di dealer-dealer Tunas Group dengan menggunakan fitur e-wallet,” ujar Irfan.