pulsa-logo

7 Prediksi Ekonomi Aplikasi di 2018


Fauzi

Rabu, 20 Desember 2017 • 09:47


Image: App AnnieImage: App Annie

Tahun 2018 akan menandai peringatan 10 tahun toko online Apple App Store dan Android Market.  Sejak gelombang pertama aplikasi pada 2008, mereka telah mempengaruhi kehidupan pengguna pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.  Saat ini, ada aplikasi untuk apapun dan segalanya–dari aplikasi yang menggabungkan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), aplikasi yang diprogram khusus hanya untuk acara tertentu hingga aplikasi plastik gelembung sebagai obat kejenuhan.  Siapa yang akan mengira bahwa gameSnake yang dulu kita mainkan di ponsel Nokia bisa berevolusi menjadi industri aplikasi senilai $6.3 triliun pada 2021? Tahun in saja, ekonomi aplikasi telah membuat beberapa tonggak sejarah baru:

  • Hingga Oktober 2017, iOS App Store mencatat aplikasi sebanyak 2 juta lebih sementara Google Play mencatat 3.5 juta.
  • Aplikasi baru terus bermunculan dengan kecepatan yang tinggi. Pada 31 Oktober 2017, sekitar 50,000 aplikasi baru diluncurkan padaiOS App Store. GooglePlay mencatat lebih dari 150,000 pertambahan.
  • Di pasar yang sudah matang, pengguna memiliki 90-100 aplikasi terinstal pada ponsel pintar mereka, 30 dari jumlah tersebut dipakai setiap bulan. Secara rata-rata, orang menghabiskan dua jam per hari – atau sebulan dalam setahun – di aplikasi yang terinstal pada perangkat mereka.
  • Secara kumulatif, $100 juta akan dihabiskan pengguna di lebih dari 40 negara pada 2017 untuk berbelanja di iOS App StoremaupunGooglePlay.
  • Aplikasi kini memegang peran kunci di setiap industri, dari retail, perbankan, jasa perjalanan, QSR, CPG hingga industri media dan hiburan.

Evolusi yang terjadi pada aplikasi mobile telah mentransformasi kehidupan sehari-hari kita, dan pengguna berharap evolusi tersebut tidak berhenti disini. Mereka selalu mengharapkan penyempurnaanterhadap aplikasi yang mereka sukai.

1.    Pengeluaran Pengguna di App Store Telah Menembus $100 Miliar secara Global

Pasar dunia yang tiada putus-putusnya berevolusi telah menyebabkan monetisasi aplikasi terus tumbuh pada tingkat yang luar biasa. Di sampinggame, yang berkontribusiterbesar terhadap pengeluaran pengguna untuk aplikasi, kami memperkirakan bahwa transaksi pembelian pada aplikasi e-commerce, seperti Alibaba dan Amazon, akan meningkatkan belanja online konsumen di seluruh dunia sebesar 30% menjadi diatas $110 miliar pada 2018, dari jumlah tahun ini.

2.    Kurasi pada Toko Aplikasi akan Meningkatkan Penjualan Dalam Aplikasi dan Menambah Peluang Bagi Pengembang Independen

Pada Juni 2017, Apple dan Google mengumumkan pembaharuan untuk iOS App Store dan Google Playuntuk mengatasi beberapa masalah melalui kurasidan konten editorial pada toko aplikasi. Pembaharuan ini akan berdampak signifikan terhadap aplikasi mulai 2018, terutama aplikasi yang diprogram untuk menemani pengguna di waktu santai. Aplikasi semacam ini, yang umumnya bersifathiburan, bakal muncul saat pengguna menelusuri AppStore atau Google Play. Berbeda dengan aplikasi berbasiskan kebutuhan sepertiUberEats or DBS PayLah! yang memilikipeluang besar untuk diunduh setelah ada rekomendasi dari mulut ke mulut atau ketika pengguna mencari solusi di internet untuk suatu kebutuhan tertentu.