pulsa-logo

7 Prediksi Ekonomi Aplikasi di 2018


Fauzi

Rabu, 20 Desember 2017 • 09:47

Prediksi Ekonomi Aplikasi 2018


6.    Agregator Restoran akan Meningkatkan Peralihan ke Dunia Mobile Ketika Layanan Antar Makanan Memasuki Pasar Premium

Sesuai dengan prediksi kami tahun kemarin, telah terjadi beberapa konsolidasi di pasar pengiriman barang. Tahun depan, kami prediksi agregator seperti Yogiyodi Korea Selatan akan terus memperluas usahanya di pasar tersebut dengan memasuki pasar yang belum mereka jamah secara maksimal dan dengan meyakinkan konsumen yang belum memakai aplikasi dari perantara untuk membeli makanan. Sementara itu, penyedia layanan delivery as a service (DaaS) (mis. UberEATS, Deliveroo) akan mendapat pangsa pasar yang lebih besar di pasar premium, di mana konsumen bersedia membayar lebih untuk membeli makanan dari restoran mewah yang tidak menyediakan layanan antar makanan.Restoran cepat saji, atau quick-service restaurants (QSR), akan meresponspersaingan yang kian ketat dengan bekerja sama dengan aplikasi DaaS, serupa dengan kemitraan antara McDonald's dengan UberEATS.Seperti halnya pasar video streaming, pasar agregator restoran akan menyaksikan beberapa konsolidasi dalam beberapa tahun mendatang karena fragmentasi yang terjadi harus menyesuaikan dengan keadaan konsumen dan tekanan persaingan yang dihadapi penyedia layanan dalam pasar yang sudah ramai.

7.    Aplikasi Finansial Menuju Transformasi Besar pada 2018

Di Asia Pasifik pada 2017, jumlah unduhan di kategori Keuangan melampaui jumlah keseluruhan unduhan di semua kategori lainnya (tidak termasuk game), terutama di Tionghoa. Aplikasi pembayaran Person-to-person (P2P), seperti WeChat,AliPay,GoPay, Grab PaydanPayTMmenjadi pemimpin dalam revolusi aplikasi fintech (financial technologi). Mereka telah mengubah cara konsumen (terutama konsumen millenial) menukar uang dengan menggeser penggunaan uang tunai dan cek. Tahun depan, kami prediksi aplikasi pembayaran P2P akan memanfaatkan popularitas dan memperluas jangkauan layanan mereka untuk memaksimalkan potensi pendapatan mereka, mengurangi persaingan dari bank tradisional dan memperdalam keterlibatan pengguna.Seiring dengan strategi peritel untuk mengadopsi aplikasi sebagai pilihan bagi pelanggan, kami memprediksi peningkatan volume transaksi melalui aplikasi pembayaran P2P. Inisiatif-inisiatif ini diterima baik oleh pengguna karena mereka akan memberikan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi. Selain itu, pasar aplikasi pembayaran P2Pakan melihat peningkatan aktivitas dari pemain sukses di kategori lain, seperti layanan pesan online dan layanan jejaring sosial, yang tiada henti mencari cara lain untuk melayani, memonetasi dan melibatkan basispengguna mereka yang besar.

Ini hanya beberapa area atau pasar di mana kami perkirakan ekonomi aplikasi akan berkembang dalam waktu dekat. Meski telah melangkah jauh, perkembangan yang terjadi baru menyentuh permukaan dari seluruh potensipasar. Pengguna semakinberharap aplikasi untuk mengubah cara mereka mencapai tujuan dan menyelesaikan tugas, dan menciptakan pengalaman baru yang tidak mungkin dilakukan platform lain. Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana pengembang aplikasi mengubah dunia dengan memenuh kebutuhan tersebut melalui ekonomi aplikasi pada dekade kedua.

Sumber (Penulis): Jaede Tan, Regional Director, App Annie