pulsa-logo

Tiru Apple, Pengguna Windows 10 Bisa Lanjutkan Aktivitas di Smartphone


Galing

Rabu, 20 Desember 2017 • 11:40

Windows 10, Apple, Handoff, Apple Handoff, Apple AirDrop, Microsoft


Foto: LiliputingFoto: Liliputing

Sebagai salah satu pemimpin pasar smartphone terkemuka, Apple telah menggulirkan sebuah fitur istimewa yang memungkinkan pengguna untuk meneruskan mengakses aktivitas yang terputus di Macs menggunakan iPhone. Pengguna yang terhubung pada akun Apple ID yang sama selanjutnya dapat bolak-balik melanjutkan aktivitas memakai dua perangkat yang berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi. Fitur yang disebut sebagai Handoff ini tentu kerap sekali membuat iri para pengguna perangkat canggih dengan sistem operasi di luar Apple.

Namun sebentar lagi Anda tidak perlu lagi berkecil hati, karena dalam waktu dekat fitur serupa juga akan hadir menyambangi Windows 10. Menariknya lagi, Microsoft bahkan memperluas fungsi sinkronisasi ini hingga ke perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS. Artinya jika Anda memakai salah satu dari kedua gadget tersebut, pengguna akan dapat langsung mencicipi fitur baru ini setidaknya dalam waktu dekat.

Fitur yang disebut ‘Timeline’ ini sudah mulai terlihat aktif pada Windows 10 Insider Preview Build 17063 yang tentu saja hanya tersedia bagi mereka yang mendaftarkan dirinya sebagai penguji beta. Lewat area Task View, Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang tengah aktif serta aktivitas apa saja yang sebelumnya Anda lakukan pada jangka waktu tertentu yang disusun berdasarkan tanggal hingga jam. Pengguna juga bisa mencari aktivitas yang sebelumnya Anda kerjakan pada perangkat sebelumnya dengan mengetikkan kata kunci pada bilah pencarian.

‘Activities’, demikian raksasa perangkat lunak ini menyebutnya, mengacu pada segala hal yang Anda kerjakan dengan perangkat Anda yang disusun berdasarkan kronologis waktu. Contohnya, pengguna dapat melihat aktivitas terakhirnya adalah mengedit dokumen, melihat laman web tertentu atau bahkan tengah mendengarkan lagu dalam daftar putar yang berasal dari aplikasi musik bawaan. Untuk sementara, fungsi sinkronisasi aktivitas lintas perangkat ini hanya dapat bekerja pada aplikasi buatan Microsoft mulai dari Office, Edge, OneNote, Maps, News, Money, Sports dan Weather Apps.

Cortana kini juga dapat menyarankan pengguna untuk melanjutkan aktivitas yang mereka kerjakan pada perangkat sebelumnya. Dengan demikian setiap kali berpindah dari komputer ke smartphone Android misalnya, maka Anda akan mendapatkan rekomendasi aktivitas apa saja yang bisa Anda terus kerjakan dari perangkat Android tersebut.

Sayangnya hingga kini masih belum diketahui kapan tepatnya fitur ini akan mulai digulirkan kepada seluruh pengguna Windows 10 secara umum. (Galing)

Sumber: Liliputing

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44