pulsa-logo

Adu Smartphone 4 Kamera, Huawei Nova 2i vs Luna G8


Deni Hardian

Rabu, 20 Desember 2017 • 15:12


Luna G8Luna G8

Fitur kamera di smartphone terus mengalami perkembangan, baik dari sisi resolusi yang ditawarkan hingga kemampuannya. Salah satu peningkatan yang disajikan di alat pengabadi momen adalah tren yang saat ini tengah menggema, yakni kamera ganda.

Berkaitan dengan kamera ganda, yang lumrah fitur ini biasanya hanya disuguhkan di bagian belakang atau depan smartphone yang memfokuskan pada efek "bokeh" ataupun efek lainnya seperti wide-angle ataupun monochrome. Namun, seolah ingin mendobrak hal tersebut, ada vendor smartphone yang menghadirkan perangkat smartphone dengan dukungan empat kamera dalam satu perangkat. Tak sekedar main-main, smartphone dengan dukungan empat kamera yang hadir dipasaran semakin membuka mata bagi para vendor bahwa fitur fotografi masih menjadi nilai jual utama dalam menarik minat konsumen.

Saat ini ada dua vendor yang telah menelurkan smartphone dengan empat kamera. Dipelopori oleh Huawei Nova 2i yang telah beredar luas di pasaran. Mengekor keberanian Huawei, Luna yang merupakan vendor ponsel asal Korea juga memberanikan diri memperkenalkan smartphone empat kameranya yang bertajuk Luna G8. Luna G8 belum lama ini resmi diperkenalkan dipasaran, perangkat ini hadir dengan menawarkan empat kamera dalam satu perangkatnya.

 

Huawei Nova 2i beredar dipasaran dengan harga jual Rp3,999,000 sedangkan Luna G8 hadir dengan label harga yang sedikit lebih murah yakni Rp3,799,000. Dengan hadirnya Luna G8 dipasaran, pasar ponsel tanah air kini memiliki dua smartphone dengan dukungan 4 kamera. Manakah yang lebih baik dan pantas untuk dimiliki? Simak ulasan adu fiturnya dibawah ini.

Desain

Huawei Nova 2i: 156.2 x 75.2 x 7.5 mm; 164 gram


Luna G8: 160 x 76.6 x 8.2mm; - gram

Berbicara desain yang ditampilkan, kedua smartphone ini memiliki kemiripan. Keduanya sama-sama hadir dengan ukuran body yang terbilang bongsor dengan sudut yang membulat di setiap tepinya. Namun jika dililhat lebih detail, ukuran body Luna G8 sedikit lebih besar dan tebal dibandingkan dengan Nova 2i. Luna memiliki ketebalan body mencapai 8.2 mm sedangkan Nova 2i hanya memiliki ketebalan body hanya 7.5mm. Dari sisi tampilan, Nova 2i sedikit lebih slim dan memberikan kemudahan ketika digenggam. Sayangnya, bobot smartphone Luna tidak disebutkan secara detail jadi PULSA tidak bisa membandingkannya secara langsung. Namun dipastikan, bobot Luna G8 sedikit lebih berat dibandingkan Nova 2i jika dilihat dari ukuran body dan bobot baterai yang ditanamkannya.

Untuk fungsionalitas desainnya, baik Nova 2i dan Luna G8 sama-sama menempatkan tombol power dan volume pada sisi kanan perangkat. Sedangkan slot SIMcard dan slot microSD terdapat di sisi kiri perangkat. Penempatan sensor kamera pada bagian depan baik Nova 2i dan Luna G8 juga memiliki kesamaan dengan menempatkan sensor kamera pada sisi kiri atas perangkat. Namun untuk penempatan kamera belakang yang tertanam Nova 2i menempatkan kamera gandanya dengan mode vertikal dengan lampu flash yang berada diatas sensor kamera. Dibawah kamera terdapat sensor sidik jari. Sedangkan Luna G8 menempatkan kamera gandanya dengan mode horizontal yang ditemani dengan lampu flash di sisi kanannya. Sementara sensor sidik jari berada di tengah perangkat bagian belakang.

Huawei Nova 2iHuawei Nova 2i

Layar dan OS

Huawei Nova 2i: Android Nougat 7.0 (EMUI 5.1); 5.9inci,1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~409 ppi density); IPS LCDcapacitive touchscreen, 16M colors

Luna G8: Android Nougat 7.0 (LUNA OS); 6.0inci720 x 1440 pixel18:9 ratio (~-ppi) ; IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Beralih ke bagian layar, Nova 2i hadir dengan balutan panel layar berukuran 5.9 inci dengan resolusi FHD+ dan aspek rasio 18:9. Tertanam pula teknologi layar IPS LCD yang memberikan tampilan layar yang memiliki kualitas tajam dengan sudut pandang yang lebih luas. Sementara itu, Luna G8 hadir dengan dimensi layar yang sedikit lebih besar yakni 6.0 inci namun memiliki resolusi layar yang lebih rendah yakni HD+ namun dibekali dengan teknologi layar IPS LCD yang serupa dengan Nova 2i. Secara kualitas, layar pada Nova 2i jauh lebih memiliki ketajaman dan kerapatan layar yang lebih baik dibanding Luna G8.

Namun untuk perlindungan layarnya, Luna G8 sedikit lebih baik karena telah menggunakan lapisan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang sudah teruji kekuatannya. Sementara Nova 2i hanya diproteksidenganlapisanpelindung anti-gores biasa. Untungnya, kedua smartphone ini sudah membekali layarnya dengan kaca lengkung 2.5D dan kemampuan merespons sentuhan hingga 10 titik yang memberikan kenyamanan ketika digunakan.

Masih berbicara dibagian antarmukanya, keduanya sama-sama mengusung tampilan UI buatannya masing-masing. Nova 2i menyematkan EMUI 5.1 sedangkan Luna mempercayakan UI LUNA OS sebagai tampilan Uinya. Kedua UI yang tertanam ini memiliki kemiripan dimana keduanya hadir tanpa menu app drawer pada tampilannya. Selain itu, keduanya juga menyematkan 3 tombol virtual dibawah layarnya untuk memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melakukan navigasi.

Adu Apik Dual-Kamera Depan dan Belakang

Huawei Nova 2i : Dual: 16 MP + 2 MP, phase detection autofocus, LED flash;(Depan) Dual 13 MP, f/2.0 + 2 MP; Video: 1080p@30fps

Luna G8: Dual: 13 MP + 5 MP, autofocus, LED flash, LED flash; (Depan) Dual 20 MP, f/2.2 + 8 MP;Video: 1080p@30fps

Kedua smartphone ini sama-sama mengunggulkan fitur fotografi sebagai nilai jual utamanya. Namun besaran resolusi yang tertanam pada perangkatnya sedikit memiliki perbedaan. Huawei Nova 2i lebih memfokuskan pada kamera belakang sedangkan Luna G8 lebih fokus pada kamera depan yang tertanam.

Kamera ganda yang tertanam pada Nova 2i memiliki resolusi 16MP + 2 MP yang mampu menghadirkan efek bokeh. Begitu pula kamera depan yang tertanam, ditujukan untuk pecinta selfie, kamera depan yang tertanam pada Nova 2i memiliki resolusi 13MP + 2MP yang juga memiliki efek bokeh. Sementara itu, kamera ganda yang tertanam memiliki besaran resolusi yang lebih baik dibandingkan dengan Nova 2i.

Dibagian belakang perangkat ini dibekali dengan kombinasi lensa kamera 13MP + 5 MP yang tak hanya mampu menghadirkan efek bokeh. Sementara kamera depan yang tertanam sudah memiliki resolusi 20MP + 8 MP yang tak hanya mampu menghasilkan efek bokeh namun juga dapat menghasilkan efek sudut layar yang lebih lebar hingga 120 derajat yang semakin memanjakan pengguna untuk melakukan foto selfie bersama-sama.

Hardware

Huawei Nova 2i: HiSilicon Kirin 659; Octa-core (4x2.36 GHz Cortex-A53 & 4x1.7 GHz Cortex-A53), GPU Mali-T830 MP2; 4GB RAM, 64GB storage, Baterai: 3340 mAh

Luna G8: MediatekHelio P25, Octacore 64-bit 2.60 GHz, GPU Mali-T880MP2; 4GB, 64GB storage; Baterai: 4010 mAh

Pada bagian kinerja, keduanya sama-sama dibekali dengan prosesor octa-core. Perbedaannya, Nova 2i membenamkan gabungan dua prosesor quad-core dalam satu perangkat yang dikombinasikan dengan grafis Mali-T830MP2. Chipset yang tertanam ini merupakan chipset besutan Huawei sendiri yakni HiSilicon Kirin 659. Sementara Luna G8 menanamkan chipset Mediatek Helio P25 yang memiliki dukungan prosesor octa-core dengan clock speed 2.6 GHz plus grafis Mali-T880MP2. Tertanam pula dukungan RAM sebesar 4GB dan memory internal sebesar 64GB untuk menunjang aktivitasnya.

Diatas kertas, kinerja yang dimiliki oleh Luna G8 maupun Huawei Nova 2i memiliki kinerja yang tidak  jauh berbeda. Hal ini berdasarkan pengujian smartphone yang telah dilakukan oleh PULSA yang menggunakan Mediatek Helio P25 dan HiSilicon Kirin 659.  

Dari sisi daya tahan baterai, kapasitas Luna G8 memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar dengan kapasitas 4010 mAh yang tentunya memberikan daya tahan lebih baik dibandingkan dengan Nova 2i yang hanya dibekali dengan 3340 mAh.

Konektivitas

Huawei  Nova 2i: LTE (FDD/TDD), HSPA, GSM, A-GPS, GLONASS, BDS, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot; USB 2.0, bluetooth4.2, A2DP, LE

Luna G8: LTE (FDD/TDD), HSPA, GSM, A-GPS, GLONASS, BDS, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot; Wi-Fi Hotspot,WLAN 802.11 a/b/g/n(Dual Band). Bluetooth 4.0

Dari sisi konektivitas yang ditanamkan, baik Huawei Nova 2i maupun Luna G8 memiliki dukungan koneksi yang tidak jauh berbeda mulai dari akses jaringan dukungan dual slot SIMcard hingga kemampuan WiFi yang ditanamkan. Sedikit perbedaan ada pada teknologi bluetooth yang ditanamkan, dimana Nova 2i sudah membekali perangkat ini dengan seri bluetooth yang lebih tinggi dibandingkan Luna G8 yang masih mengadopsi Bluetooth 4.0.

Kesimpulan

Hadir dengan segmen pasar yang serupa, Huawei Nova 2i dan Luna G8 memberikan pilihan kepada konsumen untuk menentukan pilihan smartphone yang hendak dimiliki. Dari sisi desain dan layar, Huawei Nova 2i sedikit diatas angin dengan kualitas yang diberikan. Sementara itu, Luna G8 sedikit lebih unggul pada sisi kamera yang tertanam berkat besaran resolusi kamera yang ditanamkan. Selain itu, Luna G8 juga memiliki kelebihan lain yakni pada sisi baterai yang tertanam. Sementara dari sisi kinerja dan konektivitas kedua perangkat ini tidak memiliki performa yang tidak jauh berbeda. So, Pilihan tetap ada ditangan konsumen ponsel pintar empat kamera mana yang hendak dibeli.