pulsa-logo

Cegah Penyalahgunaan Foto, Facebook Perkenalkan Fitur ini


Galing

Kamis, 21 Desember 2017 • 10:18


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Sebuah fitur baru yang dirilis oleh Facebook kali ini akan sangat memudahkan orang untuk dengan mudah mengenali siapa sosok di balik foto yang Anda unggah ke sistu jejaring sosial raksasa tersebut. Melalui fitur baru yang kini tersedia secara opsional bagi pengguna  jejaring sosial tersebut, pengguna sekarang dapat secara otomatis mengetahui setiap kali ada foto yang diunggah ke Facebook yang turut menampilkan wajah Anda.

Opsi baru ini bila diaktifkan, akan mengirimkan pemberitahuan setiap Anda terlihat di foto yang diunggah oleh orang lain meski orang tersebut tidak menandai Anda sekalipun. Fitur ini juga dapat berperan sebagai alat yang akan mengamankan foto Anda dari tindak penyalahgunaan. Adanya fitur baru ini kini akan mempersempit ruang gerak para penipu yang kerap mencuri foto orang lain untuk digunakan sebagai foto profil akun Facebook palsu.

Facebook memberi Anda tiga pilihan setelah mendeteksi bahwa Anda terlihat pada sebuah foto yang diunggah namun tidak menandai Anda. Opsi tersebut ialah menandai diri Anda sendiri, membiarkan foto diri Anda tidak ditandai, atau menghubungi orang yang mengunggah foto bersangkutan. Sayangnya tidak ada pilihan yang memungkinkan pengguna untuk menghapus atau mencegah foto dari digunakan orang lain tanpa izin.

Fitur baru ini telah diimplementasikan dengan bantuan teknologi face recognition. Teknologi ini menganalisis tiap detail piksel di foto yang telah diposting serta menghasilkan serangkaian bilangan yang disebut template. Begitu foto dan video diunggah ke sistem Facebook, maka ia akan dibandingkan dengan template berkenaan.

Anda nantinya juga akan disuguhkan dengan opsi untuk mengaktifkan / menonaktifkan fitur face recognition ini. Karena mungkin, tidak semua orang suka mendapat tag atau bahkan sekedar dikenali di foto.

Menurut Facebook, fitur baru ini nantinya akan tersedia mulai minggu ini di semua wilayah  di seluruh dunia  dengan dua pengecualian - Kanada dan Eropa. Di kedua negara tersebut, Facebook tidak menawarkan teknologi pengenalan wajah di aplikasi jejaring sosialnya. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2