pulsa-logo

Waduh, Fitur FaceID di iPhone X Dituduh Rasis


dian iskandar

Jum'at, 22 Desember 2017 • 13:29

Apple,iPhone 8,iPhone X,harga iPhone X,FaceID,pemindai wajah,iPhone resmi,iPhone X resmi


image: Ubergizmoimage: Ubergizmo

FaceID, merupakan fitur keamanan baru yang dikenalkan Apple tahun ini di seri iPhone X. Metode pengenalan wajah ini mengunakan kamera depan yang mampu menangkap gambar wajah 3D. Sehingga diklaim lebih aman oleh Apple meski pengguna menggunakan topeng. Namun tampaknya fitur itu ‘dipukul’ dengan beberapa kontroversi di China, dan dituduh sebagai "rasis".

Ceria ini bermula ketika seorang pria dari Shanghai membelikan istrinya iPhone X dan menemukan bahwa itu mudah dibuka oleh anaknya. Ketika dia menghubungi Apple, dia diberitahu bahwa itu adalah insiden yang terisolasi dan mungkin karena istri dan anaknya terlihat serupa, yang sebenarnya adalah sesuatu yang telah kami lihat sebelumnya.

Namun ini bukan satu-satunya kejadian saat FaceID Wajah berhasil dimanipulasi yang dibuka oleh pengguna yang tidak berwenang. Seperti dilansir Ubergizmo, menurut sebuah laporan dari AsiaOne seminggu yang lalu, seorang wanita Cina lainnya memiliki sebuah insiden dengan FaceID saat rekannya, yang tidak terkait dengannya, berhasil membuka kunci teleponnya dengan menggunakan FaceID. Dia diberitahu oleh perwakilan layanan pelanggan bahwa itu "tidak mungkin", sampai dia membawa iPhone miliknya ke toko dan kemudian membuktikannya..

Akibatnya, hal ini telah mendorong beberapa publikasi dengan menyebut FaceID "rasis" yang mengindikasikan semua orang Cina terlihat sama, meskipun belum ada satu pun dari mereka yang mengalami hal ini mengajukan klaim.

Tidak jelas bagaimana Apple berencana untuk mengatasi masalah ini, namun dengan anggapan bahwa laporan ini benar, ini jelas merupakan area yang perlu ditangani Apple. (*)

Sumber: AsiaOne via Phonearena