pulsa-logo

Ajak Baidu, Huawei Bersiap Majukan Teknologi AI


Galing

Jum'at, 22 Desember 2017 • 19:12

Huawei, Baidu, Artificial Intelligence, AI, Kecerdasan Buatan, Augmented Reality, Virtual Reality


Foto: SCMPFoto: SCMP

Huawei  dikabarkan telah menandatangani perjanjian kemitraan dengan perusaaan raksasa mesin pencarian Tiongkok Baidu. Kerjasama ini bertujuan untuk pengembangan teknologi AI (articial intelligence) atau kecerdasan buatan yang mencakup platform dan teknologi, layanan internet hingga ekosistem konten berbasis AI.

Kedua perusahaan tersebut berencana untuk mengembangkan ekosistem mobile dan AI  dengan menggunakan platform HiAI milik Huawei dan Brian racikan Baidu.

Platform HiAI sendiri selama ini telah dikembangkan oleh perusahaan dengan membenamkannya pada chipset Kirin 970. Digunakan pada Mate 10, ia jadi smartphone pertama di dunia yang didukung oleh chipset AI built-in yang dirilis awal tahun ini.

Ekosistem AI gabungan antara teknologi yang dikembangkan oleh Baidu dan Huawei ini rencananya  akan memanfaatkan Neural processing Unit besutan Huawei dan kerangka pembelajaran mendalam yang dikembangkan oleh  Baidu PaddlePaddle yang bertujuan untuk lebih memberdayakan para pengembang AI dalam menciptakan ragam konten yang siap memberikan konsumen pengalaman serta layanan cerdas berbasis AI.

Kerja sama ini juga akan mencakup pula penggarapan teknologi pengenalan suara dan citra untuk perangkat cerdas yang akan memungkinkan interaksi manusia dengan mesin berjalan lebih efisien. Keduanya juga sepakat untuk membangun ekosistem Augmented Reality (AR) untuk konsumen.

Huawei optimis dengan kerjasama dengan Baidu ini akan dapat lebih mengembangkan teknologi AI ke depannya.  Dengan latar belakang yang kuat dalam Litbang, Huawei akan bekerja sama dengan Baidu untuk mempercepat inovasi di industri ini, mengembangkan generasi penerus smartphone berbasis AI , dan memberikan  pengalaman AI yang lebih mendalam  bagi seluruh konsumen. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2