pulsa-logo

Asyik! Ubuntu Touch Bakal Mendukung Aplikasi Android


Galing

Minggu, 24 Desember 2017 • 19:24


Foto: SoftpediaFoto: Softpedia

Pengguna smartphone dengan platform Ubuntu Touch seperti dilansir oleh softpedia dalam waktu dekat tampaknya akan bisa menginstal aplikasi Android pada perangkat miliknya. Seperti projek open-source Android-in-a-Box (Anbox) yang sebelumnya telah diterapkan pada OS Linux untuk desktop, aplikasi Android yang pengguna instal nantinya akan berjalan di sebuah kotak virtual yang disebut container. Berbeda dengan aplikasi Android yang berjalan di OS BB10, pada OS ini aplikasi hanya akan berjalan di dalam sebuah container terisolasi yang terpisah dari sistem operasi secara keseluruhan.

Salah seorang petinggi UBPort yang merupakan pengembang utama OS Ubuntu Touch bernama Dalton Durst mengatakan, "Banyak orang bergantung pada aplikasi tertentu yang sayangnya saat ini belum tersedia di Ubuntu Touch. Agar platform ini dapat menyuguhkan fitur yang kaya serta dapat menjadi sistem operasi mobile yang populer, Ubuntu Touch menganggap hadirnya dukungan layanan ini sebagai sesuatu yang penting, setidaknya hingga ada alternatif gratis dan terbuka lainnya yang jauh lebih pantas untuk menggantikannya."

Dengan menggulirkan dukungan aplikasi Android pada Ubuntu Touch, ponsel dengan sistem operasi Ubuntu tentu akan mendapatkan banyak manfaat. Selain itu, para pengembang UBport juga tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu mereka untuk menciptakan aplikasi serupa. Bergulirnya dukungan aplikasi Android untuk Ubuntu Touch ini menurut UBPort akan mulai dapat dinikmati oleh pengguna dalam beberapa pekan kedepan.

Sayangnya tidak semua ponsel dengan sistem operasi ini akan dapat menjalankan aplikasi Android. Pihak UBPort hingga kini juga masih belum merilis informasi detail terkait ponsel mana saja yang tidak dapat menjalankan aplikasi platform besutan Google tersebut. (Galing)

Sumber: Softpedia