pulsa-logo

Paten ini Pamerkan Ponsel Lipat Garapan Microsoft, Surface Phone?


Galing

Minggu, 24 Desember 2017 • 20:42


Foto: WPO via ExpressFoto: WPO via Express

Sebuah berkas paten yang diajukan oleh Microsoft kepada World Intelectual Property Organisation (WPO) membeberkan skema perangkat pintar dengan desain layar yang bisa dilipat. Perangkat dengan kode nama Andromeda ini terbuat dari dua buah layar OLED terpisah yang digabungkan oleh engsel. Dari dokumen yang tertera dapat disimpulkan bahwa engsel yang digunakan nantinya akan menggunakan teknik penggabungan yang tergolong rumit.

Foto: WPO via ExpressFoto: WPO via Express

Andromeda tampaknya akan jadi perangkat yang dapat diubah menjadi beberapa konfigurasi layaknya sebuah komputer hybrid 2-in-1. Pengguna bisa memilih mode datar, mode laptop atau tent sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Paten yang dimasukkan juga mengungkap beberapa metode yang akan dipakai oleh Microsoft untuk memungkinkan tampilan menu pada dua layar yang terpisah tersebut dapat terlihat seolah menyatu.

Masih dalam dokumen paten serupa, Andromeda juga akan dilengkapi dengan konektor 'Surlink'yang diduga kuat meruapakan port USB-C yang juga dapat dipakai untuk mengisi daya baterai. Sementara itu jika melihat rumor sebelumnya, Andromeda ini boleh jadi merupakan kode nama untuk perangkat Microsoft dengan nama Surface Phone yang kabarnya tengah dipersiapkan kehadiranya di masa depan.

Sejumlah rumor mengklaim bahwa perangkat ini mungkin akan menjalankan sistem operasi Windows 10 dengan basis chipset berarsitektur ARM. Sedangkan spekulasi yang berkembang di awal tahun 2017 menyebutkan bahwa ponsel berdesain layar lipat ini kemungkinan baru akan menyambangi pasar pada akhir tahun 2018 atau bahkan 2019.

Walau pendaftaran paten ini seakan telah memperkuat sejumlah kabar diatas, namun bukan berarti ada jaminan bahwa teknologi yang disebutkan dalam paten di atas akan segera direalisasikan dalam waktu dekat. So, mari kita tunggu saja. (Galing)

Sumber: Express