pulsa-logo

Wow! Qualcomm Siap Buat Chip Snapdragon 670


Galing

Rabu, 27 Desember 2017 • 15:53

Qualcomm Snapdragon 670


Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

Qualcomm dikabarkan saat ini tengah melakukan serangkaian pengujian prosesor kelas menengah generasi terbarunya yang menurut rumor akan dinamakan Snapdragon 670.  Generasi terbaru Snapdragon ini akan  membawa perbaikan yang signifikan dibandingkan dengan generasi pendahulunya  yakni Snapdragon 660.

Berdasarkan bocoran yang berasal dari cuitan pakar gadget bernama Roland Quandt, Snapdragon 670 kabarnya akan mendukung layar WQXGA. Ia juga akan kompatibel dengan layar WQHD. Chipset ini juga dirancang supaya dapat bekerja optimal untuk smartphone dengan RAM 6GB LPDDR4X.

Kompatibilitas dengan chip flash memori eMMC 5.1 yang memiliki kapasitas minimal 64GB juga dikatakan sebagai bagian dari paket Snapdragon 670 yang dikabarkan mendapat manfaat dari perbaikan yang signifikan pada bagian kamera depan.

Perangkat pengujian yang didukung oleh chip Snapdragon 670 yang tidak disebutkan namanya tersebut akan memiliki kamera belakang dengan resolusi  22,6 megapiksel dan kamera depan  13 megapiksel, dan akan mendukung modul kamera yang mumpuni. Sebagai catatan, Snapdragon 660 memiliki dukungan  fitur  dual-camera dengan dua sensor yang masing-masing 13 megapiksel atau lensa tunggal dengan resolusi 24 megapiksel.

Snapdragon 660 hadir dengan delapan inti Kryo 260 yang berada pada frekuensi operasi maksimum 2.2GHz. Sementara Snapdragon 670 kemungkinan hadir dengan kecepatan yang lebih tinggi, meski diharapkan masih akan terus mempertahankan konfigurasi octa core serupa dengan dua inti diantaranya siap mendukung performa tingkat tinggi.

Tidak ada rincian yang pasti mengenai kemampuan pemrosesan grafis dari Snapdragon 670, meski produsen chip tersebut agaknya akan berusaha supaya dapat menghasilkan efisiensi energi yang lebih baik dari GPU Adreno 512 yang terdapat di Snapdragon 660.

Snapdragon 670 kabarnya akan jadi chip prosesor kelas menengah pertama yang akan dibuat dengan proses produksi LPP Samsung 10nm. Proses produksi yang sama juga digunakan untuk menggarap dapur pacu smartphone kelas atas seperti Snapdragon 835 dan Exynos 8895. Meski sudah cukup banyak bocoran yang beredar, namun chip kelas menengah terbaru dari Qualcomm ini kabarnya baru akan menyambangi pasar pada pertengahan tahun 2018 mendatang. (Nariswari/Galing)


Sumber: 1, 2