pulsa-logo

Bikin Lambat Kinerja iPhone Lawas, Ini Jawaban Apple


dian iskandar

Kamis, 28 Desember 2017 • 10:53

Bikin Lambat Kinerja iPhone Lawas, Ini Jawaban Apple,iPhone 8,update iOS,iphone X,harga resmi iphone


Beberapa pengguna iPhone lawas akhirnya melayangkan gugatan hokum karena Apple dinilai sengaja melambatkan kinerja ponselnya agar pengguna membeli perangkat yang lebih baru. Seperti dilansir Phonearena, Apple telah mengakui bahwa ini secara artifisial memperlambat iPhone dengan baterai yang sudah berumur atau bahkan beberapa iPhone yang kurang dari 1 tahun tak lain untuk mencegah dari masalah yang lebih serius seperti ponsel mati tiba-tiba saat digunakan.

Apple telah ‘menyimpan’ isu ini dari publikasi selama satu tahun, namun temuan pengguna baru—baru ini yang diunggah via laman Reddit dan hasil benchmark yang (akhirnya) ‘memaksa’ Apple mengeluarkan tanggapan resmi.

Masalahnya berawal dari hal-hal berikut: baterai yang sudah berumur tidak dapat menahan pengisian seperti pada baterai baru dan bila tingkat baterai rendah atau bila Anda menggunakan ponsel Anda dalam suhu dingin, baterai mungkin tidak dapat menghasilkan daya yang cukup. Lebih jauh lagi, ini menjadi masalah saat Anda membuka laman web berat yang memaksa kerja prosesor secara maksimal, atau saat Anda memainkan game, karena baterai yang berumur dengan kapasitas lebih rendah tidak dapat menghasilkan daya yang cukup pada saat itu, dan beban puncak ini akan memaksa ponsel mati tiba-tiba. Inilah yang terjadi pada sejumlah besar perangkat iPhone 6 di akhir tahun 2016, sekitar satu tahun ke dalam siklus hidup telepon, saat baterai mulai berumur.

Pada akhir Januari 2017, di tengah-tengah keluhan yang terus berkembang tentang iPhone yang mati tiba-tiba, Apple merilis iOS 10.2.1, sebuah pembaruan perangkat lunak yang sepertinya memperbaiki masalah shutdown secara misterius. Pada saat itu, tidak ada yang bertanya bagaimana Apple melakukannya dan rahasia perusahaan itu sendiri tidak pernah mengungkapkan secara terbuka terkait metode yang telah digunakannya. Tapi tidak lama setelah update ini, sebuah isu baru muncul: iPhone mulai berjalan lebih lambat, jauh lebih lambat.

Beberapa minggu kemudian, ketika sebuah pengguna independen melakukan penyidikan menegaskan masalah ini pada satu penyebab: Apple secara artifisial memperlambat iPhone dengan baterai yang berumur, memperlambat prosesor untuk berjalan pada kecepatan rendah. Membatasi kinerja prosesor berarti tidak lagi membutuhkan banyak daya dari baterai, sehingga ponsel tidak akan mati secara tiba-tiba. Tapi itu juga berarti ponsel Anda akan berjalan lebih lambat, dan inilah yang terjadi pada banyak perangkat iPhone 6 dan iPhone 6. Pembaruan iOS 10.2.1 memperkenalkan "fitur" baru ini ke iPhone 6s, 6s Plus, 6, 6 Plus dan SE, dan iOS 11.2 yang terbaru diperbarui dengan menambahkannya ke iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Apple juga berencana untuk memperluas model ini ke iPhone yang lebih baru karena baterai mereka mulai menua.

Berikut pernyataan resmi Apple seperti dilansir dari Phonearena:

"Tujuan kami adalah memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, yang mencakup keseluruhan kinerja dan memperpanjang umur perangkat mereka. Baterai lithium-ion menjadi kurang mampu memasok permintaan arus puncak saat berada dalam kondisi dingin, memiliki daya baterai rendah atau saat mereka menua, yang dapat mengakibatkan perangkat tiba-tiba shutdown untuk melindungi komponen elektroniknya.


Tahun lalu kami merilis sebuah fitur untuk iPhone 6, iPhone 6s dan iPhone SE untuk membuat smooth (kerja prosesor) pada kondisi puncak seketika hanya bila diperlukan untuk mencegah agar perangkat tidak dimatikan secara tidak sengaja selama kondisi ini. Kami sekarang telah memperluas fitur itu ke iPhone 7 dengan iOS 11.2, dan berencana menambahkan dukungan untuk produk lain di masa depan. " (*)

Sumber: CNET via Phonearena