pulsa-logo

Samsung Galaxy S9 dan S9+ Tetap Gunakan Jack Audio 3,5mm?


Galing

Kamis, 28 Desember 2017 • 15:22

Samsung Galaxy S9, Jack Audio Samsung Galaxy S9, Galaxy S9+, Samsung


Foto: Slashleaks via GizmoChinaFoto: Slashleaks via GizmoChina

Semenjak Apple menggeser penggunaan jack audio 3,5mm di iPhone 7, kian banyak vendor smartphone dunia yang ikut “melenyapkan” dukungan jack audio 3,5mm pada ponsel garapannya. HTC, Razer dan Essential Phone adalah beberapa diantaranya. Namun, beberapa pemain besar lainnya semisal LG dan Samsung nyatanya telah memutuskan untuk terus mempertahankan keberadaan port audio 3,5mm dengan alasan ia masih cukup populer di kalangan para pengguna smartphone global. Lalu bagaimana dengan Samsung Galaxy S9? Apakah smartphone tersebut akan tetap mempertahankan port audio 3,5mm atau justru “latah” mengikuti trend  dengan melenyapkan port audio dari ponsel buatannya?

Sebuah informasi terbaru yang berasal dari ALeaks yang diteruskan oleh Gizmochina  menunjukkan fakta bahwa perusahaan Korea Selatan tersebut masih akan terus mempertahankan jack audio 3,5mm  pada flagship besutannya Galaxy S9. Berawal dari bocoran  sebuah foto yang diklaim  sebagai komponen internal Galaxy S9 yang terkuak di internet, terlihat dengan jelas sekali bahwa perangkat ini akan memiliki jack audio termasuk kepastian soal lokasinya.

Komponen pada gambar adalah komponen kabel flex USB-C yang menghubungkan port di bagian bawah ke motherboard. Jika Anda melihat dari dekat, Anda akan melihat nomor model Galaxy S9 (SM-G965F) dan tanggal produksi (2017 - 08-21). Hal ini sekaligus mematahkan prediksi sebelumnya yang menyebutkan bahwa raksasa elektronik Korea Selatan tersebut akan menghilangkan dukungan jack audio dari ponsel jagoannya tersebut.

Rumor sebelumnya bahkan menyebutkan bahwa dalam kemasan penjualan Galaxy S9 dan Galaxy S9 +  akan disertakan pula sepasang earphone AKG gratis. Earphone AKG yang disertakan ini faktanya menggunakan koneksi Bluetooth. Hal inilah kemudian yang memicu berhembusnya kabar bahawa perangkat paling canggih Samsung tersebut tidak akan dilengkapi jack audio 3.5mm. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2