pulsa-logo

Besut iPhone X, Apple Masih Bergantung dari Samsung


Fauzi

Jum'at, 29 Desember 2017 • 14:05

iPhone X


iPhone X, Foto: AppleiPhone X, Foto: Apple

Sejak Apple meluncurkan iPhone X pada September 2017 lalu, salah satu fitur yang cukup banyak disorot adalah layar OLED yang dikenakannya. Alhasil, Apple saat itu mempercayakan pasokan komponen layar OLED pada Samsung dan LG Display. Namun hingga saat ini, Apple masih mengandalkan pasokan layar OLED dari Samsung, dikarenakan LG Display belum mengirimkan layar OLED-nya untuk iPhone X.

iPhone X hadir dengan layar OLED, yang merupakan langkah perdana Apple untuk memilih jenis layar ini ke iPhone, karena semua model iPhone sebelumnya masih dilengkapi dengan layar LCD. Namun display OLED berbeda dengan segala peningkatan kualitas visual di OLED dibandingkan dengan jenis layar sebelumnya.

Salah satu dari dua pembuat layar OLED terbesar, LG Display, telah memastikan bahwa mereka hingga saat ini  memang belum mengirimkan komponen layar OLED untuk iPhone X. Hal ini berarti sangat mungkin semua unit komponen display OLED untuk iPhone X diproduksi oleh Samsung.

Teknologi layar OLED yang dikembangkan oleh Samsung sudah melakukan debut untuk smartphone sejak sekitar tahun 2010 dan Samsung terus mengembangkan kualitas layar OLED dengan R&D yang sangat mendukung.

Lalu kenapa Apple terkesan telat menggunakan teknologi layar OLED jika dibandingkan dengan vendor smartphone lainnya? Apple sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya telah sengaja menunggu teknologi OLED hingga benar-benar matang sebelum menggunakannya di iPhone generasi terbaru. Dan menariknya, layar OLED  pada iPhone X adalah sebenarnya salah satu  komponen termahal yang dibangun di iPhone X. Maka tidak heran, jika harga banderol iPhone X terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan smartphone premium lainnya.

Sumber: PhoneArena