pulsa-logo

Pengadilan Spanyol Bolehkan Orangtua Mengintip Pesan WhatsApp Milik Anaknya


dian iskandar

Senin, 01 Januari 2018 • 11:17

Pengadilan Spanyol Bolehkan Orangtua Mengintip Pesan WhatsApp Milik Anaknya


ilustrasi, foto: PULSAilustrasi, foto: PULSA

Sebagai seorang ayah, membaca pesan WhatApp milik anaknya mungkin bisa membantu mengamankan buah hati mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi di Spanyol, hal ini malah menyeret seorang ayah ke pengadilan karena diadukan oleh mantan istri yang tidak ingin hak privasi anaknya diganggu.

Seperti dikutip harian Spanyol El Español, seperti dilasir International Business Times (via Ubergizmo), wanita tersebut mengatakan, "Kedua anak saya mengatakan kepada saya bahwa ayah mereka membawa mereka ke kamar tidur dan membawa percakapan anak perempuan saya dengan mereka." Ketika kasus tersebut diajukan ke pengadilan , pengadilan yang lebih rendah di wilayah tersebut memutuskanbahwa ayah tersebut bersalah melanggar hak anak atas privasi mereka, yang menjatuhkan hukuman sampai 4 tahun penjara dan denda.

Namun hakim di pengadilan Pontevedra yang lebih tinggi merasa berbeda, dan mengklaim bahwa orang tua memiliki hak yang lebih besar untuk "menjaga" anak-anak mereka, sambil mengakui bahwa ada benturan antara privasi dan tugas seorang wali. Pengadilan menambahkan, "Perkembangan jejaring sosial, serta WhatsApp, memerlukan perhatian dan kewaspadaan orang tua untuk mempertahankan ganti rugi anak di bawah umur."

Akhirnya, seperinya ayah tersebut sudah jelas dari tuntutan dan sementara ibunya diperintahkan oleh pengadilan untuk membayar semua biaya hukum yang terkait dengan kasus tersebut. (*)

Sumber: 1, 2, 3