pulsa-logo

Paten Samsung ini Pamerkan Konsep Layar yang Bisa Digulung dengan Sidik Jari


Nariswari

Selasa, 02 Januari 2018 • 10:09

Paten Samsung, Layar Gulung, Rollable Display, Layar bisa digulung, layar canggih, Samsung


Foto: Lets Go Digital via PhoneArenaFoto: Lets Go Digital via PhoneArena

Samsung belakangan ini tampak fokus pada pengembangan teknologi layar untuk smartphone. Setelah beberapa waktu yang lalu dikabarkan sedang mengembangkan layar fleksibel, kini Samsung ternyata memiliki ambisi jauh ke depan, yakni dengan mengembangkan layar dengan desain sangat ekstrem yakni layar smartphone yang bisa digulung!.

Hal ini terungkap dari bocoran dokumen paten  baru-baru ini yang diajukan oleh Samsung ke kantor paten dan hak intelektual di Korea Selatan. Dalam dokumen tersebut terungkap fakta bahwa perusahaan Korea Selatan tersebut saat ini sedang mengembangkan inovasi layar  yang bisa digulung. Menariknya, layar yang bisa digulung ini dapat pengguna aktifkan dengan pemindaian sidik jari.

Berbeda dengan layar rollable LG yang menggunakan semacam motor berputar yang sangat kecil, smartphone Samsung ini menggunakan semacam fitur magnetik yang diposisikan di sepanjang bodi depan smartphone. 

Paten tersebut menunjukkan dua jenis bodi yang berwarna metalik di mana display dari smartphone tersebut  dapat digulung dan ditarik oleh magnet: silindris dan persegi. Keduanya memiliki sensor sidik jari yang memungkinkan pengguna membuka lipatan layar dengan sentuhan jari.

Akan tetapi, konsep tersebut tidak benar-benar menunjukkan secara teknis bagaimana hal ini akan dapat diterapkan pada smartphone. Dengan demikian belum jelas apakah bisa digunakan untuk tujuan selain sekadar menyimpan dan mereproduksi tampilan visual di layar. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2