pulsa-logo

Apple Patenkan Teknologi Wireless Charging dengan Sistem Penjadwalan


Nariswari

Selasa, 02 Januari 2018 • 15:01

Wireless Charging


Ilustrasi, Foto: PULSAIlustrasi, Foto: PULSA

Apple telah mengajukan permohonan paten terbaru ke USPTO (Kantor Paten dan Merek Dagang di Amerika Serikat)  yang kabarnya akan memungkinkan pengguna mengatur pengisian daya secara  nirkabel dalam penjadwalan tertentu.

Hal ini kelak akan membuat iPhone bisa mendapatkan pasokan daya secara  lebih terorganisir. Misalnya  perangkat mana yang terlebih dahulu mendapatkan pasokan daya, iPhone, lalu disusul oleh Apple Watch dan kemudian iPad.

USPTO menerbitkan sepasang aplikasi paten untuk  Apple yang berkaitan dengan transfer daya nirkabel dan sistem penjadwalan pengisian daya yang unik. Hal ini seperti diumumkan oleh Apple dalam postingannya pada hari Jumat (26/12) lalu.

Sistem pengisian daya ini dikonfigurasi untuk mengirim daya secara nirkabel melalui tautan transfer daya nirkabel. Namun, belum jelas apakah ini sama dengan transfer nirkabel "over-the-air" atau OTA.

Pengembang daya nirkabel Energous dan Apple dikabarkan  telah bekerja sama dalam pengembangan  teknologi pengisian daya  nirkabel sejak tahun 2014.  Dan radio frekuensi (RF) yang berbasis long-range wireless charging yang dikembangkan oleh Energous tersebut sudah jauh-jauh hari mengantongi sertifikasi keamanan untuk perangkat wireless charging dari FCC. 

Sayangnya, belum diketahui kapan Apple akan mengaplikasikan paten ini ke perangkat nyatanya, dan akan kompatibel ke perangkat apa saja. (Naris/Ozi)

Sumber: GadgetNDTV