pulsa-logo

Ini Alasan USB Type-C Bakal Banyak Diadopsi oleh Pabrikan Ponsel Pintar


Nariswari

Selasa, 02 Januari 2018 • 16:07

USB Type-C


Contoh Perangkat dengan USB Type-C (PULSA)Contoh Perangkat dengan USB Type-C (PULSA)

Adopsi teknologi USB Type-C yang semakin banyak diterapkan pada smartphone, PC dan notebook, membuat pasar chipset dengan dukungan USB jenis ini kian meningkat hingga dua kali lipat pada tahun 2018.  Para pemasok chip diprediksi akan terus menawarkan solusi chipset total untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan beragam desain produk yang kompatibel dengan desain USB jenis terbaru ini.

Desainer IC analog asal Taiwan mengatakan bahwa konektor USB Type-C memiliki desain yang ramping yang pas dengan desain produk perangkat mobile serta cukup tangguh pula untuk diaplikasikan pada perangkat bergerak lain seperti laptop dan tablet.

Penggunaan USB Tipe-C menawarkan beberapa keuntungan seperti misalnya meningkatkan kecepatan transmisi  dan kinerja pengisian daya yang jauh lebih baik.

Terlepas dari kelebihannya, perangkat yang mendukung koneksi USB Tipe-C melibatkan tingkat kesulitan tinggi dalam desain, chip manajemen daya (PWM), dan komponen terkait termasuk penggunaan bahan kabel yang membuatnya cukup sulit diproduksi dalam jumlah besar dalam waktu yang begitu singkat.

Namun semenjak paruh kedua 2017, desain antarmuka USB Tipe-C telah semakin diadopsi dalam produk 3C, karena pemasok chip, vendor perangkat keras dan kontraktor produksi kini telah menjalin kerja sama yang cukup solid guna menghadapi tantangan produksi yang dihadapi.

Pengamat industri mengatakan bahwa chip MOSFET dan komponen perlindungan discharge elektrostatik (ESD) yang menawarkan peluang bisnis yang bagus bagi pemasok chip. Keberadaan komponen pelindung tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung transfer daya dan pengisian daya supaya dapat berlangsung lebih cepat serta aman.

Menawarkan desain yang pas untuk berbagai jenis produk tentu saja akan menjadi tantangan utama bagi para pemasok dalam mengintegrasikan IC analog, chip MOSFET, dan IC PWM yang jadi alat pendukung utama dalam menghadirkan solusi USB Type-C yang paripurna. (Nariswari/Galing)


Sumber: Digitimes