pulsa-logo

Ponsel Android Go Berbanderol Rp400 Ribu-an Akan Didebut Bulan Ini


Fauzi

Rabu, 03 Januari 2018 • 11:27

Android Go


Image: Via GSMarenaImage: Via GSMarena

Menjalin kemitran dengan sejumlah vendor smartphone asal India, Google dalam waktu dekat dikabarkan bakal siap mengeluarkan smartphone Android Oreo (Go Edition) bulan ini.

Adalah Micromax, brand asal India yang disebut bakal siap mengeluarkan smartphone Android Go dengan harga sekitar 32 USD (Rp432 ribu-an) pada akhir bulan Januari ini. Selain Micromax, vendor India lainnya juga siap menelurkan smartphone murah Android Go, di antaranya Intex, Lava, Karbonn dan lain-lain. Kesemua handset Android Go itu nantinya akan ditargetkan dengan harga yang sama.

Android Go sendiri dinilai sebagai smartphone yang sangat bagus untuk konsumen dengan budget terbatas, yang akan beralih dari ponsel fitur. Hal ini juga diharapkan bakal berdampak bagi produsen lokal di India. Pasalnya, secara pangsa pasar vendor lokal di India telah mengalami penurunan sekitar 15% (dari 50% pada dua tahun lalu) akibat tekanan dari brand asal Tiongkok. Selain itu, lewat Android Go, disebut juga akan berdampak baik bagi Google, yang memiliki pendapatan lebih dari 1 miliar USD di India.

Untuk memastikan bisa berjalan dengan baik, smartphone Android Go akan memiliki spesifikasi seperti RAM 1GB (atau bahkan setengahnya) dan memori internal 8GB. Pembesut chipset, seperti Qualcomm dan MediaTek juga dikatakan membantu dalam hal pengoptimalan chip merka untuk performa terbaik dari Android Go.

Sumber: GSMarena