pulsa-logo

Waduh, Ada Aplikasi yang Melacak Acara TV Favorit Anda Lewat Microfon Ponsel


dian iskandar

Rabu, 03 Januari 2018 • 16:13

Android,keamanan android,penyadapan,iOS,penyadapan ios,hack,malware


ilustrasi, PULSA Channel/Youtubeilustrasi, PULSA Channel/Youtube

Sebuah laporan The New York Times seperti dilansir Ubergizmo, telah ditemukan ratusan aplikasi menggunakan perangkat lunak buatan perusahaan bernama Alphonso yang menggunakan mikrofon smartphone Anda untuk melacak kebiasaan menonton TV Anda.

Bagi yang belum tahu, Alphonso menyediakan perangkat lunak yang dapat mengidentifikasi acara TV berdasarkan suara, caranya kerjanya seperti aplikasi Shazam untuk mengenali musik. Meski sebenarnya aplikasi tersebut tidak mendengarkan percakapan Anda, namun mereka menggunakan sinyal suara yang dipancarkan oleh TV dan cocok dengan yang mereka tampilkan di database untuk mengetahui apa yang Anda tonton, dan data tersebut pada gilirannya dapat dijual kepada pengiklan.

Satu-satunya masalah yang disorot oleh laporan NYT adalah bahwa perangkat lunak tersebut digunakan di aplikasi seperti game, dan beberapa di antaranya ditujukan untuk anak-anak (Alphonso mengatakan bahwa mereka tidak menyetujui perangkat lunaknya yang digunakan di aplikasi yang dimaksudkan untuk anak-anak). Memang, untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut, pengguna perlu memberikan izin eksplisit pada aplikasi tersebut untuk mengakses aspek-aspek tertentu dari ponsel seperti kamera, galeri foto, mikrofon, lokasi, dan sebagainya dan sudah menjadi fitur standar di Android maupun iOS.

Ini berarti bahwa sebagian besar pengguna telah setuju atau tidak sengaja menyetujuinya dan membiarkan aplikasi tersebut mengakses mikrofonnya. Hal ini juga disebutkan dalam kebijakan penggunaan perangkat lunak, yang jujur, tidak banyak orang yang benar-benar membacanya. Laporan NYT itu telah menghitung lebih dari 250 game di Google Play Store yang menggunakan perangkat lunak Alphonso, beberapa juga terlihat di App Store milik Apple.(*)

Sumber: NYT via Ubergizmo