pulsa-logo

Baidu dan BlackBerry Kerja Bareng Garap Mobil Otonom


dian iskandar

Kamis, 04 Januari 2018 • 09:24

Baidu dan BlackBerry Kerja Bareng Garap Mobil Otonom,QNX,otomotif,swakemui,mobil otonom


Image credit: CrackberryImage credit: Crackberry

Raksasa internet China Baidu dan BlackBerry telah menjalin kemitraan untuk menggarap teknologi mobil otonom. Baidu sebelumnya sangat aktif di industri otomotif dan sudah bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya di bidang mobil otonom. Sebut saja Microsoft, Intel, NVIDIA, dan lainnya. Dengan kemitraan ini, maka perangkat lunak QNX BlackBerry akan digunakan sebagai basis untuk platform mobil otonom Apollo milik Baidu.

Kabar gembira ini disambut baik oleh investor di BlackBerry karena saham perusahaan melonjak ke level tertinggi empat tahun hari ini. Divisi QNX BlackBerry telah mengembangkan perangkat lunak QNX Hypervisor 2.0 untuk memperkuat sistem komputer yang kompleks pada mobil otonom.

Baidu telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menggunakan perangkat lunak ini untuk platform penggerak Apollo-nya. "Dengan mengintegrasikan BlackBerry QNX OS dengan platform Apollo, kami akan memungkinkan pembuat mobil melompat dari prototipe ke sistem produksi," kata Baidu seperti dikutip dari Reuters (via Ubergizmo).

BlackBerry telah mencatat kemenangan besar dengan kemitraan ini karena kesepakatan tersebut memungkinkannya untuk membangun pijakan di pasar mobil otonom Cina. Kemitraan ini juga menguntungkan Baidu. Perusahaan mendapat landasan platform yang kuat untuk teknologi mobil otonom yang telah menerima semua sertifikasi keselamatan industri yang diperlukan. (*)

Sumber: Reuters via Ubergizmo