pulsa-logo

Opera Luncurkan Browser Anti Penambangan Bitcoin


Galing

Kamis, 04 Januari 2018 • 19:02

Opera, Penambangan Bitcoin, Penambangan Cryptocurrency, Cryptocurency, Browser Anti Bitcoin


Foto: Opera BlogsFoto: Opera Blogs

Tepat pada hari Kamis (04/01), Opera melalui laman blog resminya mengungkapkan bahwa mereka telah meluncurkan browser versi terbaru yang diklaim mampu mencegah operasi penambangan bitcoin. Browser Opera 50 ini kini juga akan dilengkapi pula dengan dukungan tambahan VR360 untuk Oculus, Chromecast dan sejumlah fitur keren lainnya.

Sesuai dengan namanya, penambangan bitcoin sendiri merupakan kegiatan mendapatkan mata uang bitcoin yang dilakukan dengan menyelesaikan sejumlah perhitungan matematika rumit yang dilakukan oleh komputer. Karena kompleksnya perhitungan yang diperlukan guna memperoleh bitcoin, tidaklah mengherankan bila proses ini akan membebani kerja sistem komputer milik pengguna secara keseluruhan. Tidak cuma menggunakan komputer sendiri, upaya penambangan ini tidak jarang pula melibatkan jaringan komputer yang telah disusupi oleh skrip tertentu yang berasal dari situs yang dibuat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebuah kajian dari AdGuard yang diterbitkan pada bulan November 2017 bahkan telah menemukan lebih dari 33 ribu situs yang memanfaatkan usaha penambangan bitcoin sebagai alat monetisasi situs mereka tanpa sepengatahuan pengunjung situs berkenaan. AdGuard juga memperkirakan bahwa sebanyak satu miliar orang bahkan telah menggunakan situs bersangkutan setiap bulannya.

Bagi pengguna yang ingin melindungi komputer dari usaha penambangan bitcoin yang bersifat ilegal, mereka dapat memulainya dengan memasang Opera 50. Pertama-tama, pengguna dapat mengaktifkan terlebih dulu fitur adBlocker. Selanjutnya, Anda dapat memberi tanda centang  kotak di sebelah 'NoCoin'. Jika Anda tidak ingin memblokir iklan secara keseluruhan, maka pengguna dapat menghilangkan tanda centang di sebelah kotak 'EasyList'. Dengan menangkal penambangan bitcoin ilegal, pengguna tentu tidak perlu khawatir lagi komputer miliknya dimanfaatkan sebagai alat penambang tanpa sepengatahuannya. Selain dapat memperlambat kinerja komputer, pengguna yang dieskploitasi oleh usaha penambangan ilegal ini tentu saja tidak akan mendapatkan pembagian keuntungan apapun.

Head of Desktop Browser Opera, Kristian Kolondra mengatakan, "Dengan Opera 50, kami ingin memulai tahun 2018 dengan memberikan pengguna kemampuan untuk mengambil alih kembali kendali komputer mereka". (Galing)

Sumber: 1, 2