pulsa-logo

Genap 11 Tahun, Spotify Kini Miliki 70 Juta Pengguna Premium


Nariswari

Jum'at, 05 Januari 2018 • 14:19

Spotify, Jumlah pelanggan spotify, Jumlah pengguna Spotify


Foto: SpotifyFoto: Spotify

Spotify  yang merupakan salah satu  layanan musik streaming populer di  dunia, pada hari ini  (5/1) mengumumkan pencapaiannya yang membanggakan. Lewat cuitan di Twitter, layanan streaming musik terbesar di dunia ini kini mengaku telah memiliki 70 juta pelanggan premium.

Selama enam bulan terakhir, basis pelanggan Spotify telah meningkat sebesar 10 juta pelanggan premium. Angknya terus mengalami peningkatan dari  60 juta pengguna di akhir Juli 2017.

Ini belum termasuk pula para pengguna layanan Spotify  gratisan yang menikmati alunan musik dengan sisipan tayangan iklan. Jumlahnya dikabarkan bahkan telah mencapai  lebih dari 140 juta pelanggan di seluruh dunia.

Angka pengguna premium Spotify jelas melampai jumlah pengguna Apple Music yang hanya berada pada kisaran 30 juta pelanggan premium. Angka ini merupakan jumlah pelanggan yang dicatat oleh Apple di bulan September lalu. Adapun untuk saat ini, kemungkinan jumlah pengguna aktif dari Apple Music diperkirakan telah mendekati angka 35 juta pelanggan yang didasarkan pada tingkat pertumbuhan yang diraih pada rentang waktu sebelumnya.

Tepat pada bulan September 2016, Apple Music telah memiliki 17 juta pelanggan aktif. Ini artinya mereka telah menikmati angka pertumbuhan pelanggan hingga mendekati dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Lalu apa yang menjadi daya tarik Spotify dibanding Apple Music?

Spotify  memahami kebutuhan dan  keinginan pelanggannya, dengan  terus menawarkan layanan  gratis bagi mereka yang memang belum membutuhkan layanan premium. Namun jika  ingin berlangganan, Spotify  yang dipatok pada rentang harga USD$ 9,99 per bulan tentu merupakan tawaran cukup menggiurkan bagi kebanyakan orang. Sementara di Indonesia harga langganan yang ditawarkan bahkan terbilang lebih murah yakni hanya sebesar Rp. 49.990/bulan.


Didirikan di Swedia  pada tanggal 1 April 2006 oleh Daniel Ek dan Martin Lorentzon, Spotify  saat ini dikabarkan telah mengajukan berkas pendaftaran penjualan saham perdana (IPO) kepada Securities and Exchange Commission.

Meski  didukung oleh banyak label dan industri rekaman,  Spotify saat ini sebenarnya tengah menghadapi tuntutan hukum seputar hak cipta karena diduga menggunakan ribuan lagu dari artis seperti Tom Petty, Neil Young, Stevie Nicks, dan The Doors tanpa lisensi dari penerbit Wixen Music. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2