pulsa-logo

Exinos 9810 Diluncurkan, Ini Kecanggihan Prosesor yang Bakal Digunakan Galaxy S9


dian iskandar

Jum'at, 05 Januari 2018 • 15:24

Samsung,Exynos,Samsung Galaxy S9,Galaxy S9 plus,flagship,smartphone terbaik 2018,smartphone terbaik 2017


GizchinaGizchina

Samsuung baru saja secara resmi mengumumkan chipset terbaru buatannya yakni Exynos 9810. Prosesor ini sepertinya dibuat untu perangkat flagship Samsung tahun ini seperti Galaxy S9 dan S9+. Menggunakan proses fabrikasi 10-nm FINFET dan juga disandingkan dengan modem LTE gigabit super cepat, pemrosesan gambar tingkat lanjut

Saat ini, Samsung mengumumkan prosesor andalannya yang terbaru - Exynos 9810. Samsung kemungkinan besar akan mematuhi pola penggunaan prosesor ganda untuk perangkat andalannya sehingga Galaxy S9 dan Galaxy S9 + mungkin akan dan kemampuan deep learning pada CPU inti kustom. Menurut Samsung, seperti dilansir Gizchina, Exynos 9 series 9810 sudah masuk dalam produksi massal dan akan dipamerkan di Las Vegas pada CES 2018 yang dijadwalkan berlangsung mulai 9-12 Januari 2018.

Chip baru ini merupakan prosesor octa core yang terdiri dari empat core berkinerja tinggi yang clocknya mencapai 2,9 GHz ditambah dengan empat core hemat energi. Dibandingkan dengan Exynos 8895, padanan di Exynos 9810 ini memberi peningkatan dua kali lipat pada kinerja single core dan 40 % kinerja multi-core. Kemampuan lain yang menarik dari prosesor ini adalah kemampuan pembelajaran berbasis jaringan syaraf tiruannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Menurut Samsung, chip ini memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi orang dalam gambar untuk pencarian cepat. Dengan menggunakan teknologi penginderaan yang mendalam, chip ini bisa memindai wajah pengguna secara 3D untuk deteksi wajah hibrid yang untuk meningkatkan keamanan karena perangkat ini bisa dibuka dengan wajah pengguna. Fitur dengan pengenal wajah ini ini mungkin akan bersaing dengan FaceID milik Apple. Namun, Exynos 9810 dilengkapi dengan unit pengolah keamanan terpisah yang memberikan perlindungan tambahan untuk semua data biometrik.

Samsung Exynos 9810 merupakan chip mobile yang pertama dengan modem Cat.18 LTE yang dapat mencapai kecepatan downlink hingga 1.2Gbps, sert uplink 200 Mbps dan mendukung agregasi carrier 6x (CA). Dengan kecepatan ini, diyakini chip ini akan melahap video format 4K atau dalam format video 360 derajat. Selebihnya, Exynos 9810 memiliki unit pengolahan gambar khusus dan codec multi format yang ditingkatkan (MFC). Gambar yang dihasilkan oleh kamera dengan chip ini bakal lebih stabil dengan menurunkan noise dan motion blur secara drastis. Selain itu, MFC akan mengizinkan pemutaran video dalam resolusi 4k pada 120 fps. Canggih kan! (*)

Sumber: Gizchina