pulsa-logo

Ini Beda Nokia 6 2nd Generation dengan Versi Sebelumnya


Deni Hardian

Jum'at, 05 Januari 2018 • 16:47

nokia 6 2018,smartphone,android,harga


Foto: Nokia 6 2nd Generation (Gizmochina)Foto: Nokia 6 2nd Generation (Gizmochina)

Nokia baru-baru ini telah meluncurkan smartphone genarasi kedua Nokia 6. Adalah Nokia 6 2nd Generation yang menjadi andalan terbaru Nokia di awal tahun 2018. Lalu, apa perbedaan Nokia 6 2nd Generation dibandingkan versi sebelumnya. Berikut ulasannya.

Desain

Dari sisi desain, Generasi kedua Nokia 6 ini tampil lebih menawan dengan perubahan yang lebih bezel yang lebih menawan dan ukuran body yang sedikit lebih pendek yang membuatnya tampil elegan. Meski begitu gen kedua Nokia 6 ini kini tampil lebih tebal dibanding pendahulunya dengan ketebalan 8.2 mm. Perubahan yang mencolok lainnya ada pada penempatan sensor sidik jari yang ditanamkan. Jika Nokia 6 menempatkan sensor sidik jari dibagian depan, kini Nokia 6 2nd Generation, menempatkan sensor sidik jari pada bagian belakang. Hal ini tentunya lebih memudahkan pengguna untuk mengakses sidik jari yang tertanam. Selain itu, panel depan ponsel ini di desain ulang dengan modul kamera yang serupa dengan Nokia 5.

Smartphone ini memiliki dimensi body 148.8 x 75.8 x 8.15mm dan bobot 172 gram yang membuatnya tampil lebih berat dibanding versi sebelumnya. Sementara untuk penampang layarnya tak mengalami perubahan mulai dari teknologi yang dibenamkan hingga resolusi layar yang ditanamkan.

Kinerja

Peningkatan yang signifikan hadir pada sisi kinerja yang ditawarkan. Nokia 6 hadir dengan chipset Snapdragon 430 yang membuat sebagian pecintanya sedikit kecewa. Namun untuk Nokia 6 2nd Generation HMD Global menjawabnya dengan membenamkan chipset Qualcomm terbaru yakni Snapdragon 630 yang diatas kertas memiliki performa 2x lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Qualcomm Snapdragon 630 yang tertanam memiliki prosesor octa-core 2.2GHz dan grafis Adreno 508 yang menjanjikan kinerja yang lebih baik untuk aktivitas gaming, browsing hingga aksi multitasking.

Beralih ke sisi kinerja, Nokia 6 2nd-Generation, dibekali dengan chipset Snapdragon 630 yang memiliki dukungan prosesor octa-core 2.2GHz dan dikombinasikan dengan LPDDR4 RAM sebesar 4GB baterai 3000 mAh dan pilihan memory internal sebesar 32GB dan 64GB. Hadir pula slot SIMcard hybrid untuk menempatkan kartu SIM dan kartu microSD.


Sementara pada sisi fotografi, yang tertanam tidak mengalami perubahan yang berarti. Resolusi kamera yang ditanamkan pada Nokia 6 2nd Generation masih sama dengan versi sebelumnya. Namun, Nokia menghadirkan fitur baru untuk memberikan pengalaman baru kepada pengguna yakni fitur Bothie. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan kamera belakang dan kamera depan secara bersamaan.

Pada sisi konektivitas yang ditanamkan ada peningkatan versi Bluetooth dan port USB yang ditanamkan, Nokia 6 (2018) kini dibekali dengan Blutooth 5.0 dan USB-C. Sementara untuk akses jaringannya masih sama yakni 4G LTE.

Memulai debutnya untuk pasar ponsel China, Nokia 6 2nd-Generation versi 32GB dibanderol dengan harga $231 atau setara dengan Rp3,1 juta-an. Sedangkan untuk versi 64GB dijual dengan harga sekitar Rp3,5 juta-an. Perangkat ini akan memulai debutnya di China pada 10 January mendatang. (Dn/Ozi)