pulsa-logo

Cortana Tak Lagi Bisa mengenali Lagu


dian iskandar

Jum'at, 05 Januari 2018 • 17:19

Cortana Tak Lagi Bisa mengenali Lagu


image credit: Ubergizmoimage credit: Ubergizmo

Cortana, aplikasi asisten digital milik Microsoft memiliki banyak fitur dan salah-satunya adalah pengenal lagu. Anda bisa memanfaatkan asisten digital Microsoft untuk mendengarkan sebuah lagu dan memberi tahu Anda dari mana asalnya. Tapi sekarang itu tak bisa lagi digunakan. Pasalnya Microsoft telah melepas fitur ini. Ini akibat keputusan Microsoft untuk mematikan layanan Groove Music-nya.

Semua pengguna Groove Music dialihkan ke Spotify pada akhir tahun 2017 dan layanan tersebut kemudian ditutup. Akibatnya, Cortana tidak bisa lagi mengenali lagu karena sebelumnya terintegrasi dengan database Goorvi Music.

Seperti dilansir Ubergizmo, penghapusan fitur ini telah dikonfirmasi oleh John Deakins yang merupakan engineer perangkat lunak di tim Cortana. Dia menegaskan bahwa pengenalan musik di Cortana juga sudah pensiun karena ditutupnya Groove Music.

Jika Anda terbiasa menggunakan fitur ini tentu akan sangat kehilangan. Apalagi, aplikasi pihak ketiga seperti Shazam pun sudah meninggallkan Windows 10 dan kini dimiliki oleh Apple. Jadi, berharap Shazam bakal hadir kembali ke Windows 10 sepertinya tidak mungkin, atau tidak dalam waktu dekat. (*)

Sumber: Ubergizmo