pulsa-logo

Apple Watch 3 Mendadak Reboot Saat Dipakai di Rumah Sakit, Ada Masalah Apa?


Nariswari

Jum'at, 05 Januari 2018 • 17:33

Apple, Apple Watch 3, Apple Watch 3 Reboot


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Kabar kurang menyenangkan datang dari Apple. Berbeda dengan berita sebelumnya yang umumnya berasal dari iPhone X, kabar buruk kali ini justru bermula dari masalah yang menimpa Apple Watch 3. Jam pintar dengan dukungan platform kesehatan tersebut dikabarkan mengalami kesulitan proses sinkronisasi kala digunakan di rumah sakit yang berlokasi di beberapa negara. Sejumlah peralatan yang digunakan di ICU sepertinya telah menyebabkan Apple Watch 3 mendadak reboot. Peralatan telemetri yang  terdapat di ruang ICU ini diduga kuat merupakan biang masalahnya.

Hal ini pertama kali diketahui  saat seorang perawat yang bekerja di rumah sakit dihadiahkan Apple Watch Series 3 sebagai  hadiah Natal oleh suaminya. Sayangnya smartwatch miliknya terus menerus reboot setiap 60 atau 90 menit sekali ketika digunakan di sekitar ruangan  ICU. Meski Apple Watch 3 miliknya telah diganti dengan yang baru, namun masalah yang sama masih terus ditemui oleh pengguna tersebut selama berada di dalam rumah sakit.

Dalam laman diskusi Apple Support hal ini sebetulnya telah dijabarkan sebelumnya. Apple sebelumnya juga telah menegaskan bahwa "alat pacu jantung", defibrilator, atau perangkat medis lainnya "dapat mempengaruhi" komponen dan  frekuensi radio di Apple Watch yang memancarkan medan elektromagnetik. Namun, saat itu Apple  tidak mengatakan apapun tentang Apple Watch dapat terkena imbas saat berada di dekat peralatan rumah sakit terlebih lagoi di ruangan ICU.

Salah satu solusi yang  sudah dicoba dalam laman diskusi tersebut adalah dengan mengaktifkan mode pesawat saat berada di dalam rumah sakit atau di ruangan ICU. Meski begitu, Apple Watch 3 yang berada dalam mode ini tentu saja jadi tidak bisa terhubung ke jaringan internet atau iPhone. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2