pulsa-logo

Facebook Bakal Bikin Ponsel Khusus Video Call?


Nariswari

Rabu, 10 Januari 2018 • 16:04

Facebook, Facebook portal, Portal


Foto: MobilesyrupFoto: Mobilesyrup

Tidak berpuas diri dengan kesuksesannya sebagai jejaring sosial terbesar di dunia dengan jumlah pengguna yang massif, kini Facebook dikabarkan akan mulai menjajal peruntungannya ke bisnis hardware. Lahirnya Portal adalah langkah Facebook yang akan menandai usahanya di bisnis perangkat keras, setelah sukses mengembangkan Oculus yang merupakan perangkat VR.

Menurut sebuah kabar terbaru, raksasa media sosial tersebut saat ini ingin merilis perangkat yang akan memungkinkan pengguna melakukan obrolan video dengan sesama pengguna Facebook.

Portal kabarnya tidak akan diposisikan sebagai pesaing Amazon Echo, melainkan akan jadi sebuah ponsel yang lebih mengincar pengguna yang menyukai oboran video lewat media sosial yang mereka miliki.

Portal  nantinya akan dibekali dengan lensa sudut lebar yang bisa mengenali wajah inpidu dan menghubungkannya dengan akun Facebook masing-masing. Portal juga akan mendapatkan tambahan dukungan platform streaming musik dan film populer seperti Spotify dan Netflix.

Sebelumnya, Facebook  baru saja menandatangani kesepakatan lisensi dengan Universal Music Group dan Sony / ATV. Tidak mengherankan bila kedua label rekaman raksasa inilah yang akan jadi penyedia konten musik dimaksud.

CEO  Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa lahirnya Portal diharapkan dapat mendorong upaya sang raksasa media sosial tersebut untuk memuluskan visi barunya sebagaimana yang diungkap pada bulan Juni lalu. Dalam kesempatan tersebut, Mark mengatakan bahwa dia ingin Facebook bisa jadi sarana yang akan mendorong seluruh penduduk dunia supaya dapat lebih dekat dan saling mengenal.

Rencananya, Portal akan diumumkan dalam konferensi pengembang F8 tahunan Facebook yang diadakan pada bulan Mei 2018. Dan Portal akan mulai dikirimkan pada paruh kedua tahun 2018.


Portal kabarnya akan dijual dengan label resmi USD 499 (Rp.6,7 jutaan). Terbilang mahal bila dibanding Echo Show yang dipatok USD 230 (Rp.3 jutaan) atau Lenovo Smart Display yang dipasarkan USD$ 199 (setara dengan Rp. 2,7 jutaan).

kendati demikian, rumor lainnya menyebutkan bahwa Facebook kemungkinan akan memangkas harga Portal guna meningkatkan antusiasme konsumen dalam membeli produk ini. Sayangnya hingga kini gambaran desain dari ponsel ini masih belum tersedia. (Nariswari/Galing)

Sumber:1, 2