pulsa-logo

Resmi Mendarat! Ini Dia Headset VR Hasil Kolaborasi Lenovo-Google


Nariswari

Rabu, 10 Januari 2018 • 21:24

Headset VR, Lenovo Mirage Solo, Lenovo


Foto: TheVergeFoto: TheVerge

Titik terang soal rencana bahwa Google akan meluncurkan headset  VR mandiri (standalone) berbasis Daydream sekarang nampaknya mulai membuahkan hasil. Meski Google tidak secara langsung memproduksi, menggarap dan mendesain perangkat generasi terbarunya kali ini, Lenovo Mirage Solo  merupakan perangkat headset VR yang dibangun dari kolaborasi antara Lonovo dengan raksasa mesin pencarian tersebut.

Berhasil menyita perhatian di ajang CES 2018, perangkat ini diklaim dapat membantu pengguna memasuki dunia maya sembari merasakan sensasi realitas yang lebih baik dari headset VR lain yang ada di pasaran.

Tidak seperti headset Daydream sebelumnya, Lenovo Mirage Solo tidak memerlukan smartphone untuk mengaktifkannya. Segala perbekalan yang dibutuhkan untuk membantu pengguna untuk memasuki alam realitas maya mulai dari layar, prosesor dan  memori sudah langsung terbangun pada perangkat ini. Anda tidak perlu lagi menggandengkan perangkat VR ini dengan smartphone Android. Adapun konten VR yang disajikan nantinya akan memanfaatkan platform Google Daydream.

Berdesain mantap, kokoh dan sedikit lebih besar dari headset VR pada umumnya, Lenovo  Mirage Solo dibuat dari material plastik dengan lingkar kepala yang terbuat dari bahan plastik tebal yang kencang plus bantalan empuk  untuk dahi. Sekilas, headset VR ini mamang mirip seperti Sony PlayStation VR.

Dengan hadirnya fitur "WorldSense" dari Google, headset ini menggunakan pelacakan posisi pengguna sehingga Anda dapat benar-benar berjalan normal di dunia nyata dan mendapatkan refleksi akuratnya ke alam maya. Metode yang sama juga dapat Anda temui pada headset HTC Vive VR yang belum lama ini dirilis.

Pengendalian aplikasi dan game Daydream memanfaatkan sebuah controller seperti biasanya. Sementara untuk suguhan konten VR akan ditayangkan ke layar LCD dengan resolusi  2,560 × 1,440 piksel yang ada di dalamnya. Dapur pacunya diotaki oleh prosesor Qualcomm  Snapdragon 835 , RAM 4GB, dan penyimpanan memori internal  64GB.  Aspek konektivitasnya telah mengusung Bluetooth 5.0, jack headphone, micro USB dan USB Type-C.

Operasionalnya juga akan dibekali dengan baterai berkapasitas daya 4,000 mAh yang sanggup bertahan selama 7 jam bermain game nonstop. Lenovo Mirage Solo siap dijual dalam waktu dekat dengan label resmi kurang dari USD$ 400 (Rp. 5,3 jutaan). Perangkat ini baru akan tersedia di pasaran pada kuartal kedua tahun ini. (Nariswari/Galing)


Sumber: 1, 2