pulsa-logo

Google Akan Kembangkan Teknologi yang Bisa Ubah Layar Jadi Speaker?


Nariswari

Jum'at, 12 Januari 2018 • 09:48

Google


Foto: Shutterstock Via Digital TrendsFoto: Shutterstock Via Digital Trends

Google diam-diam telah mengakusisi perusahaan startup teknologi bernama Redux pada akhir Desember 2017 lalu.

Redux merupakan startup berbasis di Inggris yang mengembangkan teknologi inovatif yang dapat mengubah layar seperti display smartphone dan monitor PC, untuk bertindak sebagai speaker. Sayangnya, pada saat berita ini diturunkan belum diketahui  jumlah nominal akuisisi tersebut.\

Sejauh ini, belum banyak yang bisa diungkap tentang bagaimana teknologi audio Redux tersebut bekerja. Namun sebuah laporan  yang diterbitkan oleh Cambridge Design Partnership mengungkapkan bahwa sistem audio yang dikembangkannya tersebut menggunakan teknologi gelombang lentur yang dipatenkan, yang mampu menghadirkan audio berkualitas tinggi dan bahkan umpan balik haptic langsung dari permukaan layar.

Gelombang lentur ini adalah bentuk gelombang mikroskopis yang bergerak di permukaan sebagian besar bahan layar, termasuk  layar berbahan kaca, logam dan bahkan bahan plastik.

Seperti apa rencana yang dimiliki oleh Google dengan proses akuisisi Redux ini  dan untuk apa Google memanfaatkan teknologi ini?

Besar kemungkinan teknologi audio yang dikembangkan oleh Redux  akan dapat digunakan pada perangkat Pixel generasi mendatang dan smart speaker besutan Google.

Selain itu, teknologi ‘wave-bending’ yang dikembangkan oleh Redux dapat digunakan untuk mengganti  atau melengkapi fitur umpan balik haptic yang ada di teknologi mobile dan piranti sandang.


Perlu Anda ketahui bahwa  hingga saat ini Redux memiliki 178 paten yang diberikan dan lebih dari 50 aplikasi paten yang masih dalam proses. (Naris/Ozi)

Sumber: PhoneArena