pulsa-logo

Hands-On: Nokia 2, Menyingkap Tabir di Balik Harga Murahnya


Deni Hardian

Jum'at, 12 Januari 2018 • 11:12

hands on,nokia 2,harga nokia 2,spek noia 2,nokia resmi, pure android,android murni


HMD Global telah resmi memperkenalkan dan mengedarkan Nokia 2, smartphone entry-level terbarunya di Indonesia. Tak perlu menunggu lama, Nokia 2 pun akhirnya mendarat di meja redaksi. Apa saja yang menarik dari perangkat ini, serta apa saja yang tersedia dalam paket penjualannya. Berikut ulasannya.

Pada paket penjualannya, Nokia 2 tidak di sertakan paket tambahan berupa softcase ataupun tempered glass. Paket penjualan yang ada Nokia 2 terbilang standar, di dalamnya hanya terdapat perangkat Nokia 2 itu sendiri, charger, kabel data, earphone, kartu garansi dan buku panduan pengguna.

Setelah membuka semua paket yang tersedia dalam dusnya, tak perlu waktu lama PULSA cukup penasaran ingin langsung mencicipi perangkat ini. Kesan pertama saat menggenggam Nokia 2 adalah nyaman dan pas dalam genggaman. Material body yang tertanam terasa kokoh dan solid. Selain itu, perangkat ini cukup berat saat di genggam hal ini dikarenakan Nokia 2 memiliki kapasitas baterai yang cukup besar yang berimbas pada bobot perangkatnya tersebut. Sebagai informasi Nokia 2 memiliki bobot mencapai 160 gram.



Saat pertama kali menghidupkan, dibutuhkan waktu sekitar 36.29 detik. Waktu yang cukup lama untuk sebuah smartphone dengan harga yang terjangkau. Tampilan antarmukanya tak memiliki perbedaan seperti smartphone Android Nokia lainnya seperti Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6 yang telah beredar terlebih dahulu di pasaran. Perangkat besutan Nokia ini memang mengusung tampilan antarmuka android murni dengan OS Android 7.1.1 Nougat.

Tampilan homescreen yang tertanam hanya terdiri dari 2 lampiran di mana tampilan yang homescreen utama terdiri dari aplikasi utama seperti telfon, sms, browsing, kontak dan kamera. Di bagian atasnya terdapat aplikasi seperti Google Playstore, Foto, Duo dan folder yang berisi aplikasi khas Google lainnya. Sedangkan untuk tampilan menunya tertanam beberapa aplikasi tambahan seperti Babe, ID3store dan Picmix.

Nokia 2 diketahui telah membenamkan panel layar LTPS berdimensi 5.0 inci plus resolusi layar HD 720p dan memiliki kerapatan layar yang mencapai 294ppi. Tampilan layar yang tertanam terbilang tajam dengan detail yang cukup baik dan tingkat kecerahan yang bisa diatur sesuai dengan kondisi ruangan yang ditempati.

Untuk desainnya, Nokia 2 hadir dengan balutan panel kaca di bagian depan dan diselimuti oleh material plastik polycarbonat bertekstur kesat. Kombinasi warna hitam yang didapat PULSA menambah nilai desain yang membuatnya tampak elegan. Kover body yang tertanam di bagian belakang memiliki kualitas yang cukup baik tanpa meninggalkan bekas sidik jari saat digunakan. Untuk memberikan kemudahan dalam penggunaannya, Nokia 2 dibekali fitur Gestur dimana ketika pengguna menekan tombol daya selama 2 kali dalam waktu yang cepat bisa langsung menuju aplikasi kamera. Selain itu, Nokia juga membenamkan 2 fitur gerak.

Sebagai informasi Nokia 2 ditenagai oleh chipset Qualcomm MSM8909v2 Snapdragon 212 dengan dukungan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 dan grafis Adreno 305. Tertanam pula RAM sebesar 1GB dan memory internal sebatas 8GB. Nilai plusnya kapasitas memory internal yang tersedia bisa ditambah melalui kartu microSD hingga 128GB. Sementara untuk fasilitas fotografi yang tertanam pada bagian depan perangkat telah tertanam kamera selfie beresolusi 5 megapiksel dan kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel. Nilai jual utama pada Nokia 2 hadir pada kapasitas baterai yang ditanamkan, perangkat ini memiliki baterai berkapasitas 4100 mAh yang membuat daya tahan perangkat ini mampu digunakan untuk waktu yang lebih lama.

Dengan label harga yang ditanamkan, dukungan chipset, RAM dan memory internal yang disediakan terasa kurang mumpuni dikelasnya. Sebagai perbandingan, banyak ponsel pintar lain yang memiliki label harga yang jauh lebih murah di bekali dengan dukungan hardware yang jauh lebih baik.

Penasaran dengan bagaimana kinerja perangkat ini secara keseluruhan serta kualitas fitur fotografi yang ditanamkan. Namun tunggu dulu, anda bisa membaca ulasan lengkapnya di Tabloid PULSA edisi mendatang.