pulsa-logo

Di Jerman, KAsus Pembunuhan Terungkap Berkat Data di Aplikasi Kesehatan iPhone


dian iskandar

Jum'at, 12 Januari 2018 • 17:56


ilsutrasiilsutrasi

Untuk diketahui, sekarang in ponsel kita melacak banyak hal yang kita lakukan, seperti lokasi, hal-hal yang kita telusuri di internet, dan bahkan beberapa metrik terkait kesehatan tertentu, seperti kalori yang telah kita bakar, berapa banyak langkah yang telah dlakukan. Nah, menariknya, data-data tersebut  bisa digunakan sebagai bukti dalam penyelidikan pemerkosaan dan pembunuhan di Jerman.

Menurut laporan dari Motherboard (via Ubergizmo), seorang pria yang diduga memperkosa seorang wanita yang terbunuh pada tahun 2017, menyulitkan penyidik karena hany ada sedikit data dan analisis video tentang keberadaannya pada saat kejahatan tersebut dilakukan. Namun apa yang telah dilakukan oleh pihak berwenang di sana tak kekuarangan akan. Lalu kemudian menggunakan jasa perusahaan di Munich yang tampaknya berhasil membuka iPhone-pelaku nya (yang sebelumnya menolak memberikan akses polisi).

Laporan tersebut berbunyi, "Aplikasi tersebut mencatat sebagian aktivitasnya sebagai '(orangyang sedang) menaiki tangga,' yang akhrnya pihak berwenang mendapat berkorelasi pada saat terduga akan menyeret korbannya ke tanggul sungai, dan kemudian naik kembali. Polisi Freiburg mengirim seorang penyidik ke lokasi kejadian untuk mereplikasi gerakannya, dan tentu saja, aktivitas aplikasi Kesehatannya berkorelasi dengan apa yang tercatat di ponsel terdakwa. "

Ini adalah penggunaan data yang menarik, dan juga pengembangan hukum yang menarik. Motherboard berbicara kepada Sean O'Brien, seorang peneliti di Yale Privacy Lab, di mana dia setuju bahwa di masa depan, kami hanya bisa berharap lebih banyak kasus di mana smartphone dapat bersaksi di pengadilan. "Bukti digital sudah lebih umum dilakukan di bidang penegakan hukum, tidak hanya metrik dari aplikasi tapi juga pengenalan wajah, rekaman dari speaker pintar, dan tentu saja, perangkat cerdas dengan kamera,”. (*)

Sumber: Motherborad via Ubergizmo