pulsa-logo

Smartphone Samsung Bakal Gunakan Casing Metal Baru, Seperti Apa?


Nariswari

Selasa, 16 Januari 2018 • 16:41

Samsung, Metal 12, Magnesium Ringan, Magnesium Alloy, Smartphone Samsung 2018


Foto: GizChinaFoto: GizChina

Samsung baru saja mengajukan paten merek dagang ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (European Union Intellectual Property Office)  untuk Metal 12. Ini adalah bahan logam yang berasal dari campuran magnesium dengan bobot sangat ringan yang dikembangkan oleh sang vendor. Bahan ini sebelumnya telah digunakan pada casing laptop Notebook 9 yang baru saja meluncur.

Pendaftaran merek dagang tersebut seolah memberi semcam petunjuk bahwa material logam inilah yang nantinya akan digunakan di ponsel dan smartwatch Gear terbaru buatan perusahaan Korea Selatan tersebut di masa depan.

Prediksi yang berkembang menyebutkan bahwa ponsel yang dimaksud tidak lain adalah Galaxy S9, S9 +, dan smartwatch Samsung  Gear S4. Anda mungkin  bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat dari Metal 12 ini?

Meski secara kasat mata tidak tampak adanya perbedaan, namun ini adalah salah satu material logam dengan bobot lebih ringan dan lebih kuat dibanding jenis logam standard lainnya.  Bahan jenis baru ini juga dipastikan lebih unggul dari bahan aluminium yang banyak dipakai oleh vendor smartphone masa kini.

Ini bukan pertama kalinya Samsung “bereksperimen” dengan bahan magnesium di salah satu handsetnya. Sebuah purwarupa (prototype) perangkat Samsung Galaxy S7 menampakkan casing dengan bahan magnesium sempat beredar sekitar dua tahun lalu. Akan tetapi, purwarupa yang bocor tersebut tampaknya tidak jadi diproduksi secara massal oleh Samsung. Menginjak tahun 2018, produsen terbesar smartphone dunia tersebut tampaknya mulai menunjukkan fokusnya dalam mengembangkan perangkat dengan casing berbahan Metal 12.

Adanya paten logam berbahan magnesium yang baru saja didaftarkan, tentu saja tidak serta-merta menunjukkan bahwa sang pabrikan lantas akan segera merilis sebuah produk ponsel atau jam pintar baru ke pasaran dalam waktu dekat menggunakan bahan berkenaan. (Nariswari/Galing)

Sumber: GizChina