pulsa-logo

Ini Strategi Shopee Gaet Industri Kecil dan Menengah


Hairuddin

Rabu, 17 Januari 2018 • 08:50

Shopee, Kampus Shopee, e-Commerce, UKM, Industri Kecil dan Menengah


(Foto: Shopee)(Foto: Shopee)

 

Setelah di tahun lalu mengumumkan dukungannya untuk para pengusaha lokal di Indonesia, Shoppe kembali menggelar edukasi bisnis lewat program Roadshow Kampus Shopee ke lebih dari 30.000 pengusaha lokal di 30 kota seluruh Indonesia.

Chris Feng, CEO Shopee menjelaskan, “Roadshow Kampus Shopee tahun lalu mendapatkan antusiasme luar biasa dari para peserta. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk melakukan Roadshow Kampus Shopee dengan skala yang lebih besar dan menjangkau lebih dari 30 kota di Indonesia tahun ini. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri e-commerce, untuk menginspirasi dan menjadi sebuah platform untuk berbagi informasi antar penjual.”

Roadshow Kampus Shopee 2018 akan dikemas dalam kurikulum yang lebih menarik dan komprehensif yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para penjual. Shopee kini akan menyediakan beberapa tingkatan kelas bagi para penjual yang tergabung dalam komunitas Kampus Shopee, mulai dari Beginner Class hingga Intermediate Class. Dalam kelas-kelas tersebut, para peserta akan mempelajari beberapa topik edukasi mulai dari pengenalan aplikasi dan fitur Shopee, hingga bagaimana mengoperasikan bisnis online dengan cara yang lebih baik, termasuk membuat data produk, Operasional, Penjualan, Topik Keuangan, dan lain-lain.

 

Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian menambahkan, "Selama ini, salah satu kendala utama yang dialami oleh para pelaku Industri Kecil dan Menengah adalah bagaimana mengembangkan bisnis mereka. Namun, kehadiran e-commerce di Indonesia telah membuka peluang untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja Industri Kecil dan Menengah, karena kini mereka dapat lebih mudah memasarkan produk mereka melalui online platform. Oleh karena itu, kami menyambut positif inisiatif Shopee yang memberikan edukasi bagi para pengusaha lokal di Indonesia melalui program Kampus Shopee 2018. Kedepannya, kami berharap program edukasi Shopee dapat membantu pemerintah untuk mendorong percepatan industri digital ekonomi karena semakin banyak pengusaha lokal yang go online."

 


Program ini sendiri merupakan bentuk komitmen Shopee untuk mendukung visi pemerintah Indonesia dalam membangun Indonesia sebagai ‘Digital Energy of Asia’ pada tahun 2020. Shopee berharap bisa membekali pengusaha lokal dengan dukungan serta edukasi yang dibutuhkan agar mereka lebih siap dalam bersaing dengan pelaku ekonomi digital lainnya.