pulsa-logo

Menebak Nama Android 9.0


Nariswari

Kamis, 18 Januari 2018 • 10:32

Android 9.0, Android, Nama Android 9.0


Bocoran Nama Android (Sumber: Twitter)Bocoran Nama Android (Sumber: Twitter)

Meskipun sebagian besar perangkat Android belum mengadopsi sistem operasi Android v8.0 Oreo, namun tidak mengherankan jika Google tetap bekerja keras menggarap versi berikutnya dari OS mobile yang populer tersebut. Jika kita perhatikan, pola penamaan Android selama ini selalu berurutan alfabet dengan nama makanan pencuci mulut.

Berikut merupakan nama-nama versi Android yang dipilih oleh Google dimulai dari Cupcakes, Donut, Eclairs, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, KitKat, Lollypop, Marshmallow, Nougat hingga Oreo. 

Sesuai tradisi yang sudah ada, Android diperkirakan akan menggunakan nama dengan huruf awal P. Lantas, kira-kira makanan pencuci mulut mana yang akan dipilih jadi nama resmi Android 9.0?

Seorang pengguna Twitter bernama Mishaal Rahman (@MishalRahman) menemukan dua file yang dimuat pada situs web Android Open Source Project. Dalam file dimaksud raksasa mesin pencarian dunia tersebut secara internal menyebut Android 9.0.dengan 'Pi'.

Pi atau Phi adalah huruf ke 16 dari alfabet Yunani yang juga berperan sebagai salah satu simbol matematika dengan nilai bilangan 3.14159.

Pi secara fonetis mirip pula dengan nama kue pencuci mulut populer semacam Pi misalnya. Sebuah spekulasi menyebutkan bahwa boleh jadi Pi merujuk kepada Pie.

Meski begitu ada kemungkinan pula pihak Google berubah pikiran sebagaimana yang pernah mereka lakukan sebelumnya. Nama Key Lime Pie pada mulanya kerap muncul sebaga kandidat nama bagi Android 4.4, meski demikian mereka pada akhirnya mengubahnya jadi KitKat.


Menariknya, Google sudah memiliki versi Android yang dinamai dengan makanan pencuci mulut berhuruf awal 'P'. Kala itu, Google secara internal menyebut Android v1.1 dengan 'Petit Four', meski ia tidak pernah ditetapkan sebagai nama resmi. (Nariswari/Galing)

Sumber: MobileSyrup