pulsa-logo

Ssst! Samsung Diam-Diam Pamer Exynos 5G, Sebegini Kecepatannya ...


Fauzi

Kamis, 18 Januari 2018 • 14:47

Samsung Exynos 5G,Modem 5G


Ilustrasi, Foto: PULSAIlustrasi, Foto: PULSA

Ajang CES 2018 telah usai. Di CES 2018, Samsung sebagai salah satu perusahaan yang meramaikan ajang ini diketahui telah memamerkan banyak produk dan teknologi barunya. Termasuk produk yang satu ini.

Yup, seperti dilansir SamMobile mengutip laporan dari Business Koera, di CES 2018 lalu Samsung disebut telah memerkan modem Exynos 5G di sebuah ruang pamer pribadi pada ajang yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat itu.

Dalam laporan tersebut, Samsung diinfomrasikan akan secara resmi mengumumkan modem 5G miliknya pada akhir tahun ini. Perusahaan asal Korea Selatan itu berencana untuk melakukan uji coba jaringan 5G dengan operator seluler dan meluncurkan modemnya secara komersial pada tahun 2019.

Tidak sampai di situ, tentu yang menarik dibahas di sini adalah kemampuan dari modem Exynos 5G itu sendiri. Dalam laporan ini disebutkan bahwa secara teoritis kecepatan modem Exynos 5G bisa mencapai maksimum hingga 5Gbps, meningkat dari 1.2 Gbps seperti kemampuan modem Exynos terbaru. Selain itu, dikatakan pula bahwa Modem 5G juga akan bekerja dengan teknologi 2G, 3G, dan 4G LTE yang sudah ada.

Lantaran memiliki produk modem 5G sendiri, hal ini disebut bisa membantu Samsung dalam mengurangi ketergantungannya dengan Qualcomm dalam penggunaan chip modem yang akan disematkan di smartphone 5G miliknya kelak. Sebagaimana diketahui, Samsung sudah mengintegrasikan sebagaian besar komponen smartphone-nya lewat produk racikan sendiri. Namun, di beberapa wilayah pasar, seperti Amerika Serikat danTiongkok, smartphone flagship Samsung masih menggunakan chip prosesor dan modem dari Qualcomm.

Selain itu, seiring dengan hadirnya modem Exynos 5G, Samsung pun kini bergabung dalam persaingan dengan Qualcomm dan Intel yang telah mengumumkan modem 5G mereka tahun lalu. (Ozi)

Sumber: SamMobile