pulsa-logo

Turun! Angka Pertumbuhan Penggunaan Ponsel Sepanjang Tahun 2017


Nariswari

Kamis, 18 Januari 2018 • 20:34

Angka Penggunaan Ponsel, Angka Pemakaian Ponsel, Riset Pasar, Riset Penggunaan Ponsel


Foto: PULSAFoto: PULSA

Gencarnya peluncuran smarrtphone dan perangkat pintar di pasar global, idealnya berbanding lurus dengan penggunaan perangkat seluler yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Beragam penawaran aplikasi, fitur, hingga beragam teknologi mutakhir yang ditanamkan ke perangkat seluler, nyatanya menjadi daya tarik tersendiri. Namun ini ternyata tidak sejalan dengan fakta temuan dari Flurry yang merupakan firma analis dan riset terkemuka.

Berdasarkan  hasil riset terbaru dari Flurry, menunjukkan bahwa pertumbuhan penggunaan perangkat seluler selama tahun-tahun belakangan ini melambat, terutama di tahun 2017.

Pada tahun 2017, Flurry mengukur pertumbuhan aktivitas aplikasi  secara keseluruhan  hanya sebesar 6% , turun dari 11%  di tahun 2016.

Penting untuk dicatat bahwa Flurry mempertimbangkan semua perangkat mobile yang ada di pasaran global  yakni sebanyak  2,6 miliar unit. Tidak hanya smartphone, statistik yang diungkap mencakup pula penggunaan ponsel fitur.

Rata-rata orang menghabiskan lebih dari lima jam sehari menggunakan smartphone mereka. Penggunaan ini bergantian antara menggunakan aplikasi lama dan baru. Penggunaan aplikasi belanja (online shopping) meningkat paling banyak di tahun 2017, membentuk 54% sesi.  Sedangkan aplikasi musik, media dan hiburan hanya sebanyak 43%  sesi. Mengikuti kemudian adalah aplikasi  bisnis dan keuangan yang  berada di posisi ketiga dengan persentase 33% sesi. Adapun aplikasi olahraga, fotografi dan personalisasi semuanya turun masing-masing 8%.

Dari sisi produsen smartphone, Flurry melaporkan bahwa jumlah perangkat iPhone aktif  naik menjadi 37% pada 2017, naik 3% dari tahun sebelumnya. Sementara itu smartphone Samsung hanya aktif sebanyak 28% di 2016 dan 2017.

Menariknya, penggunaan 'phablet' secara keseluruhan meningkat pada tahun 2017, kemungkinan hal ini dipicu  oleh karena peluncuran smartphone berlayar lebar seperti Samsung Galaxy S8 Plus , Galaxy Note 8 dan iPhone 8  dan iPhone X. Flurry mencatat bahwa penggunaan phablet meningkat menjadi 55%  pada tahun 2017, naik dari 41% di tahun 2016.


Penggunaan ponsel berukuran sedang sebaliknya justru mengalami penurunan yakni hanya mencapai 35%,  turun dari 44%  di  tahun sebelumnya. (Nariswari/Galing)

Sumber: MobileSyrup via FlurryMobile