pulsa-logo

Kembali Bergairah, Pasar Ponsel Tanah Air Kedatangan 5 Produk Keren


Deni Hardian

Jum'at, 19 Januari 2018 • 14:31


Foto: Nokia 2 (TabloidPULSA)Foto: Nokia 2 (TabloidPULSA)

Memasuki pekan ketiga Januari 2018, pasar ponsel tanah air mulai kembali menggeliat. Jika di minggu sebelumnya hanya ada beberapa produk baru, di minggu ini tercatat lebih ramai. Selain Advan, vendor branded seperti Samsung dan Nokia pun terlihat mulai menggenjot penjualan.

Samsung yang saat ini masih menjadi raja smartphone di Indonesia mulai mendistribusikan 2 smartphone kelas atas terbarunya di Indonesia dengan nama Samsung Galaxy A8 (2018) dan Samsung Galaxy A8+ (2018). Tak hanya menghadirkan 2 smartphone, Samsung juga merilis tablet kelas menengah terbarunya yang bertajuk Samsung Galaxy Tab A8 T385 (2017). Menemani tiga produk besutan Samsung, market ponsel tanah air juga kedatangan dua smartphone kelas entry-level besutan Nokia dan Advan. Adalah Nokia 2 dan Advan i5C Lite yang menggoda pasar dengan fitur unik yang tertanam didalamnya.

Apa saja fitur andalan masing-masing produk baru yang beredar dipasaran? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Samsung Galaxy A8+ (2018)

Rp 8.099.000

Samsung Galaxy A8 (2018)

Rp 6.499.000


Setelah memulai debutnya baru-baru ini, smartphone kelas atas yang masuk keluarga Galaxy A Series ini hadir dengan harga yang cukup "Wah". Meski hadir dengan harga yang sangat tinggi, perangkat ini tidak diimbangi dengan spesifikasi smartphone kelas atas. Bagaimana tidak, dengan label harga yang tinggi, perangkat ini hanya dibekali dengan RAM sebesar 4GB dan memory internal 32GB. Jika dibandingkan dengan smartphone sekelasnya, perangkat ini terbilang inferior dari sisi memory internal dan RAM yang ditanamkan. Meski begitu, Samsung menutupinya dengan fitur khas ponsel premium Samsung mulai kamera selfie ganda dengan kombinasi resolusi 16MP dan 8MP. Bersama fitur Live Focus, kombinasi kamera depan ini  memungkinkan pengguna memilih untuk memfokuskan objek di latar belakang atau membuatnya blur.

Kamera utama (16MP) pun tak luput dari peningkatan dengan bukaan lensa lebih besar, yakni f/1.7 dan sensor berukuran 1/2.8” yang menawarkan performa lebih baik pada kondisi minim pencahayaan. Kedua ponsel ini semakin cocok untuk masuk ke jajaran premium smartphone milik Samsung berkat besutan layar Infinity Display dengan rasio 18.5:9 yang selama ini menjadi identitas S-Series. Keduanya mengantongi resolusi layar FHD+ yang masing-masing berukuran 5.6 inci pada A8 dan 6.0 pada A8+. Menariknya, kedua ponsel ini menjadi yang pertama di jajaran A-Series yang mendukung perangkat tambahan Gear VR. Tak sampai disitu, A8 dan A8+ juga dibekali sertifikasi anti air dan debu, IP68, sebagai keabsahan ketangguhannya.

2. Samsung Galaxy Tab A8 (2017)

Rp 3.499.000

Tak jauh berbeda dengan dua smartphone terbarunya, perangkat tablet besutan Samsung ini juga hadir dengan spesifikasi hardware yang biasa saja meskipun harga yang dipatok cukup mahal. Galaxy Tab A (2017) adalah tablet entry-level yang menampilkan layar 8 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel. Kinerja tablet ini ditenagai oleh prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 425 berkecepatan 1.4GHz, plus dengan RAM 2GB dan penyimpanan 16GB yang dapat diperluas. Galaxy Tab A (2017) memiliki kamera 8 megapiksel yang layak di bagian belakang dan kamera depan 5 megapiksel. Samsung menyertakan baterai 5.000 mAh yang cukup memikatdan Android 7.1 Nougat dipilih untuk menjalankan fungsi yang ada di dalamnya.

3. Advan i5C Lite

Rp 975.000

Advan i5C Lite hadir dengan desain yang cukup menarik dengan material plastik dibagian belakangnya. Material plastik yang tertanam memiliki tekstur yang cukup unik yang membuatnya cukup nyaman saat digenggam. Panel layarnya sendiri sudah berdimensi 5.0 inci beresolusi layar HD 720p plus balutan teknologi layar IPS. Untuk dapur pacunya, i5C Lite di dukung dengan prosesor quad-core 1.4 GHz, MediaTek MT6735 yang dipadankan dengan RAM sebesar 1GB dan memory internal sebesar 8GB. Tersedia pula slot kartu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan data hingga 32GB.

Nilai lebihnya lagi, i5C Lite sudah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari pada bagian belakang. Namun, bukan itu saja nilai jual utamanya. Perangkat ini hadir dengan fitur kamera ganda dibagian belakang yang masing-masing memiliki resolusi 8MP + 0.3 MP (VGA). Fungsi kamera kedua yang tertanam ini tak jauh berbeda dengan smartphone berkamera ganda lainnya yakni menghadirkan efek "bokeh". Sementara itu, untuk aktivitas selfie, telah tertanam kamera depan beresolusi 5MP.

4. Nokia 2

Smartphone murah terbaru Nokia ini hadir mengandalkan daya tahan baterai yang tahan lama sebagai nilai jual utamanya. Nokia 2 diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 212 dengan clock speed 1.2GHz dan prosesor Quad-core ARM Cortex-A7. Meski tergolong chipset kelas bawah, Snapdragon 212 rupanya dianggap cukup memadai sebagai tenaga penggerak Nokia 2. Sebagai ponsel papan bawah, operasional perangkat ini juga akan dibekali pula dengan baterai berkapasitas daya 4,100 mAh. Kombinasi chipset berkecepatan rendah dan baterai raksasa membuat perangkat ini sanggup bertahan hingga dua hari penuh dalam sekali pengisian.

Ponsel ini juga akan didukung dengan RAM sebesar 1GB dan ruang penyimpanan seluas 8GB. Layar HD dengan diagonal 5,0 inci miliknya bahkan sudah diproteksi oleh lapisan kaca anti gores Gorilla Glass. Kebutuhan selfie perangkat ini dipenuhi oleh kamera dengan resolusi 5MP. Sementara untuk bidikan kamera belakangnya dapat menangkap gambar hingga resolusi maksimal 8MP.

Selain menjalankan Android Nougat dengan kustom pure Android, Nokia 2 juga dijanjikan akan mendapatkan update OS secara berkala. Selain itu, perangkat low-end ini juga dilengkapi dengan fitur Google Assistant bawaan.